Hal yang Tidak Disukai Semut


Semut merupakan hewan yang paling sering kita jumpai di lingkungan kita. Tentu kemunculannya kadang menjengkelkan. Berikut ini beberapa hal yang tidak disukai semut dan bisa dipakai untuk mengusirnya dari rumah anda :

1. Kayu manis

Kayu manis termasuk tidak disukai oleh semut, walau rasanya manis. Kita bisa menaburkan bubuk kayu manis di tempat-tempat sering muncul semut.

2. Ampas Kopi

Ampas kopi juga bisa dipakai untuk mengusir semut. Kita bisa menaburkan ampas kopi di tempat yang biasa menjadi jalan keluar dan masuk semut.

3. Air jeruk nipis

Kita bisa menyemprotkan air perasan jeruk nipis di tempat masuk dan keluarnya semut

4. Tepung jagung

Tepung jagung atau sering disebut tepung maizena juga bisa dipakai untuk mengusir semut. Caranya adalah menaburkan tepung di sarang semut atau lubang keluarnya semut.

5. Daun sirih

Remas daun sirih lalu letakkan di tempat kerumunan semut. Semut akan kabur karena tidak menyukai bau minyak atsiri yang ada pada daun sirih.

6. Cengkeh

Tempatkan cengkeh atau bubuknya pada sarang atau lubang semut, maka mereka akan kabur karena tidak menyukai bahan rempah satu ini.

7. Peppermint

Peppermint mengandung minyak esensial yang tidak disukai semut. Kita bisa juga memakai sabun cair yang memiliki aroma mint. Kita campukan dengan air kemudian semprotkan pada kerumunan atau sarang semut.

8. Kulit telur ayam

Kulit telur ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut. Sangrai kulit telur hingga kehitaman lalu tumbuk hingga halus. Lalu kita bisa menaburkan ke tempat semut suka mangkal di rumah kita.

9. Cuka

Cuka juga merupakan salah satu bahan yang dibenci oleh semut. Tuangkan cuka di atas sarang atau kerumunan semut, lalu mereka tidak akan ke tempat tuangan cuka itu lagi.

10. Sabun cuci

Campur sabun cuci dengan air lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprot cairan ini ke tempat kerumunan semut dan juga sarangnya.

11. Baking soda

Baking soda yang dicampurkan dengan gula halus bisa membuat semut “trauma” terhadap rasa gula lagi.

12. Boric acid

Taburkan campuran gula halus dan boric acid ke sarang semut, namun jangan sampai terjangkau oleh anak-anak.

Itulah hal-hal yang tidak disukai semut. Selamat mencoba di rumah.

Selanjutnya : Penyakit Kelainan Eritrosit Berbentuk Bulan Sabit Adalah Sickle Cell Disease
Sebelumnya: Manfaat Belajar Efektif dan Efisien Menggunakan Multimedia Pembelajaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar