Cerita dan Mitos Seputar Hantu di Jakarta

Hantu di Jakarta kabarnya sering bergentayangan. Banyaknya cerita dan mitos yang berkembang di masyarakat membuat cerita hantu ini semakin berkembang pesat. Ditambah lagi dengan adanya saksi dari berbagai kejadian mistis semakin memperkuat kisah hantu yang ada.

Cerita Hantu

Sebagai kota megapolitan, cerita hantu seakan menjadi pelengkap yang bercampur dengan berbagai permasalahan sosial yang terjadi di kota Jakarta. Hantu dalam cerita-cerita yang kita tahu biasanya hanyalah muncul di tempat sepi yang jarang dikunjungi manusia. Bukankah kota ini tidak pernah sepi dari hiruk pikuk manusia? Apakah mungkin hantu bisa muncul di tempat seperti ini?

Film Hantu

Banyaknya cerita mistis yang berkembang di masyarakat Jakarta seputar hantu-hantu ini bahkan sampai menginspirasi banyak orang untuk mengangkatnya menjadi tema sebuah film. Mungkin justru ini yang membuat hantu-hantu makin bersemangat untuk bergentayangan karena mereka layaknya artis yang dicari dan diburu beritanya. Atau malah sebaliknya mereka justru merasa terusik dengan kedatangan manusia ke tempat mereka dan menjadikan mereka sebagi tokoh utama sebuah film sehingga mereka sering mengganggu manusialam kehidupannya.

Bagaimanapun, yang namanya film pasti ingin terlihat sealami mungkin. Tempat kejadian dan juga artis utamanya yang berupa hantu juga dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Demi kepentingan itulah mereka mulai mengumpulkan cerita hantu yang akan mereka angkat menjadi judul film itu, memanggil paranormal, bahkan rela berburu hantu demi mengetahui wujud asli hantu yang mereka inginkan.

Namun entahlah apakah karena saking banyaknya hantu di Jakarta atau karena memang masyarakat kita suka dengan film horor maka semakin banyak saja produser film yang mengangkat hantu sebagai tokoh utamanya. Sebut saja film hantu yang berjudul Hantu Jeruk Purut, Terowongan Cassablanca, Si Manis Jembatan Ancol, Rumah Kentang, dll.

Cerita hantu ini seakan tidak akan pernah ada habisnya. Ada banyak tempat di Jakarta yang dipercaya berhantu dan memiliki kisah mistis tersendiri. Belum lagi saksi-saksi mata yang mendukung cerita mistis tersebut semakin memperpanjang daftar tempat-tempat berhantu yang ada di Jakarta.

Sebagai manusia yang beriman kita memang seharusnya percaya akan adanya makhluk ghaib atau makhluk halus yaitu makhluk yang sebenarnya ada di sekitar kita namun belum tentu kita dapat melihatnya. Namun demikian, hendaklah kita menyikapinya sebagai wujud rasa iman kita kepada Allah bukan justru takut dan menyembahnya.

Adanya fenomena tentang berbagai kisah mistis hantu di Jakarta juga hendaknya dapat menambah dan mempertebal rasa iman kita kepada Allah. Sebagaimana Firman Allah dalam Surat Al-A’raf ayat 200 tentang perintah untuk berlindung kepada-NYA dari gangguan jin, setan, hantu, dan sejenisnya.

Demikanlah paparan tentang cerita hantu di Jakarta, semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt. Amin.

Loading...
Selanjutnya : Makanan Bayi Usia 3 Bulan
Sebelumnya: Apa Saja Makanan Hewan Unta?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar