Harga Aksesories Baju Bodo


Harga aksesories baju bodo bisa berharga tinggi bila bahan bakunya berasal dari logam mulia atau batuan permata. Pakaian adat yang berasal dari daerah Makassar ini biasanya dikenakan pada saat upacara-upacara resmi dan penyambutan tamu agung.

Pada upacara pernikahan adat Makassar, baju bodo masih dikenakan hingga saat ini. Untuk pengantin wanita terdapat aksesoris yang berfungsi sebagai hiasan.

Aksesories yang menghiasi pakaian adat makassar tersebut antara lain: sanggul yang berbentuk bunga pinang goyang, anting panjang (bangkarak), kalung berantai (geno ma’bule), kalung panjang (rantekote), kalung besar (geno sibatu), simataiya (gelang banyak).

Pada zaman dahulu, warna baju bodo memiliki arti status sosial. misal, warna hijau dikenakan untuk kaum bangsawan, warna hitan dikenakan untuk orang tua, warna merah dikenakan untuk gadis remaja, untuk inang pengasuh mengenakan baju bodo warna putih.

Bahan baku yang dipakai juga menentukan status sosialnya. Bahan dari serat tumbuh-tumbuhan nanas untuk kalangan masyarakat umum. sedangkan bahan dari serat tumbuh-tumbuhan kapas untuk orang-orang yang berada di lingkungan kerajaan.

Nilai sakral baju khas Makassar ini mengalami gradasi seiring dengan perkembangan jaman. Dari penentuan status sosial seseorang di masyarakat, turun menjadi baju untuk pernikahan adat Makassar. Turun kembali menjadi baju yang biasa dikenakan oleh para penari maupun upacara-upacara penyambutan tamu agung.

Perkembangan positifnya, aneka aksesories baju bodo ini semakin berkembang. Pernak-pernik yang dikenakan untuk menghiasi baju ini semakin beragam dan indah. Tidak lagi hanya berupa baju yang berbentuk segiempat dan sarung (lipa garusuk). Sekarang, komersialisasi baju ini sangat terasa dengan hadirnya beragam bahan baku yang dipakai untuk membuat pakaian seperti bahan baku dari benang sutera.

Aksesoris untuk mendukung pakaian ini pun beragam bahan baku pembuatannya. Sanggul pinang berasal dari emas sepuhan atau emas murni. Demikian pula dengan kalung dan gelangnya.

Tidak mengherankan harga aksesoris baju bodo bisa berharga fantastis disamping harga pakaian itu sendiri. Hal ini terjadi mengikuti tuntutan jaman disamping untuk mencegah kepunahan pakaian adat daerah Makassar ini.

Selanjutnya : Meretas Laju Modem, Melanggar Hukum?
Sebelumnya: Ekspor Impor Indonesia-Amerika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar