Mengapa Harga Buah Naga Mahal?

Buah naga kini sudah menjadi buah yang popular, kandungan vitamin dan khasiat yang ada dalam buah naga menjadikan buah naga banyak dicari orang. Walaupun harganya relatif mahal, namun buah ini tidak pernah kehilangan penggemarnya. Apa yag membuat harga buah naga mahal?

Buah Naga

Buah berbentuk lonjong dengan kulitnya berwarna merah, daging buahnya berwarna putih dan ada juga yang berwarna merah, kuning dan hitam. Memiliki banyak biji kecil-kecil atau biji halus. Buah naga tumbuh di pohonnya atau tanaman sejenis kaktus, sehingga tanaman ini dapat tumbuh subur dengan baik di tempat kering sekalipun, dan banyak tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis dan sub tropis.

Kandungan dan Manfaat Buah Naga

Buah naga banyak mengandung berbagai vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya buah naga kaya akan vitamin C, vitamin B1 dan B2, banyak mengandung air dan gula, kerbohidrat, serat, protein, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Disamping itu buah naga juga bermanfaat bagi tubuh karena dapat melancarkan peredaran darah, menekan emosi, menetralkan toksik dalam darah, dapat menekan kolesterol dalam darah, dapat mencegah kanker usus, dapat menekan kadar lemak dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat tulang dan gigi, menghambat penuaan dini, merawat kesehatan mata, dan meningkatkan nafsu makan.

Mengapa Buah Naga Mahal?

Buah naga memiliki rasa yang manis dan sedikit asam yang menyegarkan, daging buahnya empuk dan lembut. Buah ini dapat dikonsumsi dengan cara langsung memakannya, dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Dapat juga dibuat jus, atau dibuat sop buah dipadu padankan dengan buah-buahan yang lainnya.

Buah naga dapat dibeli di tempat perbelanjaan tradisional ataupun modern yaitu swalayan. Namun hingga kini harga buah naga dikenal cukup mahal. Apa yang membuah buah naga mahal? Keberadaan buah naga mungkin tidak sebanyak jeruk atau apel, buah-buahan yang sudah begitu popular di tengah masyarakat.

Buah naga dapat dikatakan masih jarang, sehingga keberadaan buah ini tampak eksklusif, disamping harganya pun dikenal mahal. Bukan hanya harga buah naga putih saja, buah naga merah, kuning dan hitam pun, dikenal memiliki harga yang tinggi. Dapat dibilang hampir semua jenis buah naga mahal harganya.Beberapa hal yang menyebabkan harga buah naga mahal, yaitu:

  • Masih terbatasnya petani yang membudidayakan buah naga.
  • Permintaan pasar yang tinggi tidak sebanding dengan kemampuan memproduksinya.
  • Beberapa buah naga cukup sulit perawatannya.
  • Buah naga dapat dipanen kurang lebih 6 bulan setelah bunga muncul.

Disamping beberapa hal di atas yang membuat harga buah naga mahal adalah bersaingnya dengan buah-buahan import, terutama yang masuk ke pasar swalayan. Seperti diketahui setiap barang yang masuk ke swalayan memiliki beberapa nilai atau sarat yang harus dipenuhi. Begitu pula dengan buah-buahan. Karenanya buah naga yang sering ditemui di swalayan adalah buah naga putih, karena kulitnya yang merah segar, membuat bagus dilihat dan tidak mudah layu atau busuk, jika disimpan beberapa lama.

Selanjutnya : Meningkatkan Kualitas Hubungan Intim Suami Istri
Sebelumnya: Lagu Tentang Kritik Sosial
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...