Murahnya Harga Kebaya di Bandung

Harga kebaya di Bandung, biasanya lebih murah dibandingkan dengan beberapa kota besar lain di sekitarnya. Misalnya saja jika dibandingkan dengan harga kebaya di Jakarta, tentu harga jual kebaya di kota Bandung dianggap lebih murah. Selain itu, variasi pilihan dari kebaya ini juga cukup beragam.

Hal ini cukup beralasan karena Bandung sudah dikenal sebagai salah satu kiblat fashion di tanah air. Sehingga di kota ini, cukup mudah menemukan butik atau toko pakaian yang menawarkan pakaian jenis kebaya dengan harga bersaing.

Asal Usul Kebaya

Kebaya sendiri merupakan jneis pakaian tradisional yang bentuknya menyerupai blus. Dimana pakaian ini banyak dikenakan oleh perempuan Indonesia sebagai pakaian resmi nasional. Jenis pakaian ini dibuat dari bahan yang tipis. Saat mengenakan kebaya, biasanya dipadupadankan dengan beberapa jenis pakaian tradisional lain. Misalnya saja sarung, batik atau pakaian rajutan seperti songket.

Istilah kebaya sendiri diperkirakan berasal dari suku kata Arab, yaitu “Abaya”. Arti dari “Abaya” sendiri adalah pakaian. Namun, ada yang memperkirakan bahwa pakaian jenis kebaya ini merupakan jenis busana yang berasal dari Tiongkok yang kemudian masuk ke Malaka, Jawa, Bali, Sulawesi serta Sumatra. Jenis pakaian ini diperkenalkan oleh para pedagang dari Gujarat yang menawarkan dengan menggunakan kata Abaya.

Pada masa penjajahan, pakaian jenis kebaya ini banyak digunakan oleh para perempuan dari negara penjajah tersebut. Mereka menggunakan pakaian tersebut dalam setiap acara resmi. Untuk bangsa Indonesia sendiri, pakaian Kebaya hanya digunakan oleh keluarga kerajaan atau para bangsawan dan saudagar kaya saja.

Pada saat ini, penggunaan pakaian jenis kebaya mulai beragam tidak hanya terbatas dalam kegiatan resmi semata. Banyak pecinta mode yang memberikan variasi tambahan penggunaan kebaya yang memadukan dengan pakaian lain seperti celana jeans atau juga rok.

Pusat Kebaya

Selain di Bandung, kota lain juga ada yang menjadi pusat penjualan kebaya. Contohnya adalah kota Solo yang merupakan salah satu kota dengan ciri khas kain batik. Untuk mendapatkan kain kebaya berkualitas dan murah, kawasan pasar Klewer yang ada di depan Kraton Solo merupakan referensi yang cukup bisa dipercaya.

Di Yogyakarta, pasar Bringharjo adalah salah satu kawasan pusat penjualan kain kebaya. Berbagai macam jenis kebaya dengan model terbaru, bisa didapatkan di tempat tersebut. Tentunya, untuk bisa mendapatkan harga murah, konsumen harus pandai dalam melakukan penawaran.

Selanjutnya : Variasi Harga Keramik Bergantung Pada Ukuran dan Golongan
Sebelumnya: Hambatan Menjadi Bangsa yang Maju
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...