Seberapa Mahalkah Harga Kuda Balap Serta Perawatannya?

Harga kuda balap di Indonesia tak kalah mahal dengan harga kuda balap di luar negeri. Bahkan ada yang harganya sampai milyaran, seharga dengan mobil mewah yang limited edition. Tentu saja pemilik kuda balap tersebut juga bukan orang sembarangan.

Harga Kuda Balap

Loading...

Banyak faktor yang menjadi penentu harga seekor kuda, termasuk kuda balap. Secara umum harga tersebut dipengaruhi oleh ras kuda, jenis kelamin,  tinggi kuda, Pedigree, ciri-ciri fisik, warna serta prestasi yang telah diraih kuda tersebut (termasuk menilik prestasi induk kudanya serta bapak kuda tersebut).

Namun dari keseluruhan kriteria di atas yang paling menentukan harga seekor kuda ialah  prestasi kuda tersebut. Semakin banyak prestasi yang telah diraih maka harganya juga akan semakin mahal.

Secara umum harga kuda jantan lebih murah dibanding kuda betina. Harga kuda standar biasanya dikisaran puluhan hingga ratusan juta. Namun ada juga kuda balap yang dibanderol dengan harga sangat mahal. Seperti kuda yang diberi nama Red Silenos milik klub kuda Taliabo. Harga kuda tersebut cukup fantastis, 500 juta rupiah!

Namun ternyata harga kuda balap Red Silenos belum seberapa jika dibandingkan harga kuda milik Prabowo Subianto, mantan Danjen Kopassus dan Panglima Kostrad. Kuda ekslusif dari jenis kuda lusiano dan diperkirakan mencapai kisaran harga 3 milyar. Sebuah harga kuda yang diperkirakan merupakan harga termahal di Asia.

Perawatan Kuda

Mandikan kuda secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya. Untuk makanan kuda, pilihlah yang mempunyai kandungan gizi tinggi seperti rumput-rumputan hijau dan segar dan biji-bijian dengan kualitas terbaik. Jangan lupa menambahkan protein serta jamu-jamuan yang dapat memperkuat stamina kuda.

Untuk pemberian air harus diperhatikan yang bersih dan tidak terkontaminasi apapun. Air dibutuhkan kuda untuk proses metabolisme yakni sebagai pengganti keringat yang dikeluarkan saat berlari. Namun pemberian air harus memperhatikan beberapa ketentuan.

Diantaranya diberikan pada saat suhu badan kuda telah benar-benar kembali ke suhu normal. Bila aturan ini tidak dipatuhi salah satunya dapat menyebabkan kuda mengalami gangguan seperti cholic.

Untuk perawatan kandang, biasanya digunakan serbuk gergaji kayu sebagai alas kandang. Serbuk gergaji kayu tersebut dapat berfungsi sebagai penyerap kotoran kuda serta mampu menghilangakan bau yang tak sedap. Sementara bagi kuda, penggunaan serbuk tersebut dapat memberi rasa hangat.

Total perawatan kuda balap memang lebih mahal dibanding kuda biasa. Jika kuda biasa berkisar Rp2.000.000 an perbulan maka untuk kuda balap dapat mencapai Rp15.000.00 an perbulan. Besarnya harga perawatan tersebut dikarenakan perawatan yang dilakukan harus lebih teliti dan intensif. Mulai dari pemilihan makanan, vitamin, pemeriksaan kesehatan beserta pelatihan-pelatihan yang harus diberikan pada kuda balap.

Penentuan harga kuda balap memang tak lepas dari prestasi yang telah diraih kuda tersebut. Maka benarlah sebuah ungkapan “Ada rupa ada harga”.  Untuk harga yang mahal akan ada kuda yang sesuai.

Demikian sekilas artikel tentang seberapa mahalkah harga kuda balap serta perawatannya?. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki kuda balap.

Loading...
Selanjutnya : Bahaya dan Manfaat Internet untuk Anak-anak
Sebelumnya: Kasih Sayang Ibu Kepada Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar