Hasil dari Maltosa

Maltosa mungkin menjadi salah satu bahan kimia yang sering kali kita dengar. Hal ini dikarenakan dari keberadaan maltosa sebagai salah satu jenis dari glukosa. Glukosa adalah hasil dari Maltosa yang notabene glukosa adalah bahan yang banyak disukai karena mengandung rasa yang manis.

Apa Itu Maltosa

Maltosa atau yang juga dapat disebut dengan gula gandum adalah bentukan dari dua unit glukosa yang disebut dengan disakarida. Maltosa terbuat dari reaksi kondensasi dan terjadi ketika amilase mampu untuk memecahkan pati. Maltosa menjadi bagian yang penting di dalam rantai glukosa.

Maltosa memang memiliki rasa yang manis layaknya kebanyakan gula yang lain. Hanya saja rasa manis dari maltosa memang berada setengah dari manisnya glukosa. Dan masih lebih manis daripada fruktosa.
Maltosa dapat dkonsumsi sebagai lapisan manis di dalam dua keping roti ataupun dalam bentuk permen. Di daearh China Selatanlah bentuk permen dari maltosa banyak diperjualbelikan.

Hasil Dari Maltosa

Maltosa yang merupakan dua unit glukosa dapat untuk dipecahkan menjadi dua molekul glukosa. Proses ini dilakukan dengan proses hidrolisis. Proses hidrolisis adalah sebuah proses kimia melalui reaksi kimia untuk memecahkan moleku air yaitu H2O menjadi dua mokelul yaitu kation hidrogen dan anion hidroksida. Dan proses hidrolisis ini dapat dianggap sebagai proses pemecahan atau pemisahan molekul zat.

Pada maltosa maka hasilnya adalah menghasilkan dua molekul glukosa karena memang pada awalnya maltosa terbentuk dari dua unit glukosa. Proses hidrolisis yang lain dapat pula untuk memisahkan molekul dari garam, amida, ion logam dalam air dan bentuk polisakarida lainnya selain dari maltosa.

Sedangkan glukosa sendiri adalah satu dari jenis gula monosakarida. Glukosa menjadi satu jenis karbohidrat yang paling penting keberadaannya di dalam tubuh makhluk hidup. Karena sangat berperan dalam proses metabolisme tubuh.
Glukosa dihasilkan sebagai salah satu hasil dari fotosintesis dan kemudian akan menjadi bagian dalam proses metabolisme tubuh ketika sudah mengalami proses pencernaan.

Di sinilah peran dari glukosa yaitu untuk diedarkan ke dalam seluruh peradaran darah dan akan dikirimkan ke organ tubuh tertentu manusia. Dan di setiap organ inilah glukosa memainkan peran tertentunya. Seperti memberikan energi pada sel, serta di dalam metabolisme lipid. Inilah bagaimana pentingnya glukosa sebagai hasil dari maltosa. Semoga uraian di atas bisa menambah pengetahuan Anda mengenai struktur kimia, khususnya struktur dari maltosa yang bisa dipecah menjadi dua gula. Selamat membaca.

Loading...
Selanjutnya : Putri Titian Kecil yang Lincah dan Memiliki Banyak Bakat
Sebelumnya: Gambar Animasi Untuk Wallpaper Laptop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar