Hasil Utama Benua Australia


Hasil utama Benua Australia berupa produk pertanian dan peternakan merupakan komponen utama yang mendukung perekonomian negara itu.

Pertanian
Hasil pertanian Benua Australia terdiri atas tanaman buah-buahan yang dihasilkan oleh daerah-daerah pantai timur laut Australia yang beriklim panas, sayur-sayuran banyak dihasilkan oleh daerah-daerah tenggara dan barat daya Australia yang bersuhu sejuk dan lembab. Sementara daerah-daerah yang setengah gersang menghasilkan tanaman gandum.

Sistem pertanian di Benua Australia merupakan pertanian komersil dan mekanistis. Bidang pertanian yang hanya menggunakan 7% tenaga manusia dan 93% tenaga mesin.

Peternakan

Hasil peternakan Benua Australia banyak dihasilkan dari daerah-daerah gersang dengan jumlah ternaknya mencapai 26 juta ekor sapi. Usaha peternakan dan penggemukan Sapi Australia berasal dari keturunan campuran Eropa dan Asia.

Sapi Brahman adalah jenis ternak hidup yang banyak diekspor Australia ke Indonesia. Hal ini dikarenakan, cocok diternakkan di daerah tropis dan ditujukan untuk kebutuhan konsumsi daging sapi dalam negeri.

Impor sapi Indonesia dari Australia mencapai 220.000 sapi setiap tahunnya. Setiap tahunnya hasil peternakan daging sapi Australia memproduksi lebih dari 1.782.000 ton daging sapi. Sedangkan hasil peternakan sapi perah Australia memproduksi sekitar 8.200 juta liter susu setiap tahun dan olahannya seperti krim, yogurt, dan mentega juga diekspor ke berbagai negara.

Perkebunan

Hasil perkebunan Benua Australia yang merupakan komoditi terbesar kedua setelah Gandum adalah Tebu. Australia merupakan pengekspor gula terbesar ketiga dan penghasil gula terbesar ketujuh di dunia karena terdapat 29 pabrik gula di Australia.

Komoditi Ekspor

Hasil ekspor Benua Australia diantaranya adalah gandum dan wol. Di Australia, telah dikembangkan sistem usaha pertanian campuran antara tanaman gandum dan ternak domba.

Jumlah domba di Australia adalah yang terbanyak di dunia yaitu sebanyak 120 juta domba dimana jumlah domba lebih banyak dari jumlah populasi penduduk Negara Australia. Komoditi Ekspor Benua Australia yang terbesar adalah wol dengan produksi mencapai 700-1.000 kilogram setiap tahunnya yang ditujukan untuk kebutuhan Benua Eropa.

Sekitar 90% Hasil pertanian Padi di Australia ditujukan untuk eskpor ke Benua Asia. Hasil Buah-Buahan Benua Australia yang diekspor berupa buah segar/buah kering/buah kaleng diantaranya anggur, beri hitam, arbei, pir, jeruk, aprikot, apel. Hasil Perikanan Benua Australia diantaranya Skallop, Remis, Ikan Salem, Ikan Barramundi.

Demikian informasi mengenai Hasil utama Benua Australia. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan wawasan anda mengenai Benua Australia.

Selanjutnya : Mengenal Peradaban Mekong
Sebelumnya: Penampakan Alam Gaib dan Makhluk Halus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar