Hasil Zaman Logam di Indonesia

Peradaban manusia khususnya di Indonesia selalu mengalami perkembangan. Sebelum zaman logam, terlebih dahulu manusia menjalani peradaban zaman batu. Setelah mengalami perkembangan dan adanya penemuan-penemuan baru, peradaban manusia memasuki zaman baru, yaitu zaman logam. Akan dibahas di sini mengenai hasil zaman logam.

Zaman logam merupakan sebuah zaman di mana manusia saat itu telah menggunakan berbagai jenis logam sebagai alat dasar pemenuhan kebutuhan peralatan manusia, yaitu bahan besi dan perunggu.
Sebuah bahan yang harus mengalami proses peleburan terlebih dahulu sebelum dicetak menjadi bahan yang diinginkan. Sebuah bahan yang lebih kuat dan tahan lama.  Zaman Logam ini dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1.  Zaman Besi

Pada zaman ini, alat-alat dari besi dibuat dengan melebur besi terlebih dahulu sebelum kemudian dicetak menjadi bentuk bahan yang diinginkan. Di Indonesia alat dari besi tidak banyak ditemukan hanya sebagian kecil saja, seperti berikut ini.

•  Mata Kapak

•  Mata Sabit

•  Mata Pisau, Pedang, Cangkul, dan lain-lain

Jenis alat-alat tersebut sering dijumpai di daerah gunung kidul Yogyakarta, Bogor, Besuki, dan Punung Jawa Timur.

2.  Zaman Perunggu

Zaman dan kebudayaan perunggu sering juga disebut dengan kebudayaan ‘Dongson-Tonkin’ Cina karena di sanalah kebudayaan perunggu berasal dan menjadi pusat kebudayaan. Di Indonesia, hasil dari kebudayaan perunggu adalah sebagai berikut.

•  Kapak Corong. Berbentuk seperti kaki dengan sepatu, bagian sepatunya terdapat corong sebagai kapaknya, sedangkan bagian seperti kaki dijadikan pegangan yang terbuat dari kayu. Biasa digunakan untuk perkakas dan banyak ditemukan di Sumatra Selatan, Jawa, Bali, Sulawesi, Kepulauan Selayar, dan Irian.

•  Nekara Perunggu. Disebut juga dengan ‘Moko’. Berbentuk seperti ‘dandang’, digunakan pada acara keagamaan, memanggil roh nenek moyang, dan mas kawin. Sering ditemukan di Sumatra, Jawa, Bali, Sumbawa, Roti, Leti, Selayar, dan Kepulauan Kei.

•  Bejana Perunggu. Berbentuk seperti gitar spanyol tanpa bingkai. Ada yang mengatakan seperti periuk, tetapi tipis atau gepeng. Biasanya ditemukan di Madura dan Sumatra.

•    Arca Perunggu. Bentuknya bermacam-macam, ada yang mirip hewan dan ada yang mirip manusia. Banyak ditemukan di Bakinang Riau, Lumajang Jawa Timur, dan Bogor Jawa Barat.

•    Perhiasan dan Manik-Manik. Berupa semua jenis perhiasan, seperti gelang, anting-anting, kalung, dan cincin.

Demikian beberapa peninggalan hasil zaman logam yang ada di daerah-daerah Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Menguak Kehidupan dalam Air dengan Gambar Dasar Laut
Sebelumnya: Khasiat dan Manfaat Buah Mahkota Dewa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...