Hewan Asli Indonesia yang Bermanfaat bagi Manusia


Hewan, mungkin kita telah mengenal banyak hewan yang ada di Indonesia. Namun, kita belum begitu mengetahui hewan asli Indonesia yang bermanfaat bagi manusia. Berikut daftar hewan asli Indonesia yang bermanfaat bagi manusia.

Orangutan

Orangutan adalah salah satu binatang yang terbesar di dunia. Habitat orangutan dapat ditemukan di Kalimantan dan Sumatra. Orangutan biasa hidup di daerah tropis dan daerah perbukitan dengan ketinggian mencapai 1500 m, yang umumnya hidup di dalam hutan.

Orangutan merupakan hewan yang sering beraktivitas di siang hari, dan dapat menggunakan kaki serta tangannya secara bersamaan. Keterkaitannya orangutan dengan manusia, karena orangutan melindungi manusia dari penyakit yang ada di dalam hutan.

Manusia sangat bergantung terhadap hutan, karena di dalam hutan terdapat sumber air dan makanan. Selain itu, dengan adanya orangutan, menjadikan mata pencaharian atau pariwisata bagi penduduk setempat. Pariwisata ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Rusa

Rusa merupakan satwa liar yang dapat memberikan manfaat bagi manusia, yaitu dengan adanya canggah atau velvetnya yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Dan, kulit rusa dapat dimanfaatkan sebagai hiasan dinding dan souvenir. Adapun tanduknya dapat digunakan sebagai obat.

Kuda

Belakangan ini kuda banyak diternakan, walaupun bukan untuk diambil dagingnya. Namun, kuda dapat dimanfaatkan susunya yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Selain itu, tenaga kuda juga dapat dimanfaatkan sebagai alat transportasi, untuk menarik gerobak atau  kereta kuda (andong).

Gajah Sumatra

Mungkin kita telah mengenal hewan dengan bentuk fisik yang sangat besar seperti gajah Sumatra. Gajah dapat dimanfaatkan dengan diambil gadingnya. Gading gajah dapat memberikan penghasilan yang sangat besar dengan cara dijual. Namun, gajah saat ini telah dilindungi dan tidak boleh diambil gadingnya.

Ikan Kakap

Ikan kakap berasal dari Kepulauan Rio. Bagian yang sering dimanfaatkan dari ikan kakap adalah bagian kepala ikan kakap. Kepala ikan kakap mengandung omega 3 yang dapat bermanfaat untuk daya tahan otot jantung, meningkatkan kecerdasan otak, dan melenturkan pembuluh darah juga dapat mencegah penggumpalan darah.

Demikianlah beberapa hewan asli Indonesia yang bermanfaat bagi manusia.

Selanjutnya : Hukum Bernoulli Mekanika Fluida
Sebelumnya: Wawasan Pemikiran Tentang Gus Dur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar