Hewan dan Tumbuhan Terlangka di Indonesia

Hewan dan tumbuhan terlangka di Indonesia merupakan kajian ilmiah yakni dengan data-data yang valid yang di dapat dari lapangan. Sebab koresponden untuk menetukan sesuatu yang bersifat ilmiah itu adalah penelitian yang langsung berada dilapangan dengan observasi dan pemantauan secara berkala.

Begitupun pada kasus kelangkaan hewan maupun kelangkaan pada tumbuhan yang sebagai implikasinya dari kelangkaan tersebut adalah  bagaimana kemudian kita berusaha melestarikan yang langka tersebut agar nantinya tidak menjadi punah. Karena kalau hewan atau tumbuhan tersebut punah artinya kita tidak dapat mewarisi sesuatu yang pernah ada di bumi ini kepada anak cucu kita di masa yang akan datang.

Loading...

Dan memang tugas manusia ini sebagaimana digambarkan oleh Al-Qur’an adalah sebagai khalifah atau wakil Allah di muka bumi, oleh karena itu lestari atau tidaknya bumi ini tergantung daripada manusia yang mendiami bumi itu sendiri.

Apa yang Dimaksud Hewan dan Tumbuhan?

Istilah hewan atau tumbuhan sendiri tentu kita dalam kehidupan sehari-hari telah berhubungan dan sangat akrab dengan kata-kata ini. Bahkan kehidupan manusia tidak lepas dari keduanya. Dimana manusia dalam sehari-hari menjadikannya sebagai sumber energi melalui makan dan minum.

Maka dari itu seperti sayuran yang kita makan merupakan tumbuhan, begitupun pada nasi berasal dari padi yang juga tumbuhan, buah-buahan juga masuk kategori tumbuhan. Sementara untuk hewan sendiri kita menyantap lauk berupa ikan, telur dan daging semuanya berasal dan memang merupakan hewan, teramasuk susu yang dianggap penyempurna empat sehat lima sempurna juga berasal dari hewan.

Artinya antara hewan dan tumbuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Diibaratakan dalam ilmu biologi semacam simbiosis mutualisme yakni hubungan yang saling menguntungkan. Contohnya yang lain manusia bernapas dengan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Sementara oklsigen kita peroleh dari tumbuhan  dan karbon dioksida yang kita keluarkan berguna bagi tumbuhan.

Namun sejauh ini tahukah Anda apa yang dinamakan hewan dan tumbuhan? Hewan yakni binatang yang memiliki insting yang dengan insting inilah dia dapat peka terhadap lingkungan sekitarnya. Sementara tumbuhan adalah makhluk yang dapat bergerak dan tumbuh tapi tidak dapat berpindah tempat. Itulah pengertian hewan dan tumbuhan.

Hewan dan Tumbuhan yang Langka

Hewan dan tumbuhan terlangka di Indonesia ada beberapa yakni: pertama, hewan: 1. Gajah sumatera, 2.komodo, 3. Harimau sumatera, 4. Orang utan, 5. Badak jawa. Selanjutnya tumbuhan: 1. Raflesia arnoldi, 2. Mangga kasturi, 3. Kantong semar,  4. Tanaman bayur.

Demikianlah pembahasan tentang hewan dan tumbuhan terlangka di Indonesia. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita dan kita berusaha menjaga mereka agar tidak punah.

Loading...
Selanjutnya : Cara Membuat Sarang Walet yang Pertama Kali
Sebelumnya: Daftar Harga Antena Modem Huawei
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar