Hewan-Hewan di Kutub Utara

Ada sejumlah hewan yang bisa tinggal di Kutub Utara. Hewan-hewan di Kutub Utara ini bisa dilihat langsung bila kita berwisata ke Lingkaran Arktik. Wilayah Kutub Utara merupakan daerah dengan cuaca dan iklim yang sangat ekstrim. Tidak seperti negara kita yang bermandikan sinar matahari, daerah Arktik sangat dingin, hingga permukaan tanahnya tertutupi es dan salju.

Kondisi lingkungan yang ekstrim ini, secara langsung menyeleksi juga beberapa jenis hewan yang mampu hidup di lingkungan ini. Orang-orang eskimo yang berdiam di Kutub Utara sangat menjaga habitat hidup hewan-hewan di sekitarnya. Sebab, sebagian besar hewan tersebut termasuk ke dalam daftar hewan langka di dunia.

Jenis-Jenis Hewan-Hewan di Kutub Utara

Tuhan menciptakan lingkungan ekstrim bersama dengan hewan-hewan yang berkemampuan unik. Cuaca di bawah suhu 0 derajat celcius tentunya membuat manusia kedinginan hingga menggigil. Namun hal ini tidak berlaku bagi beberapa hewan berikut ini:

1. Beruang Kutub

Popularitas beruang kutub sebagai penghuni Kutub Utara sudah mendunia. Beruang kutub mempunyai tubuh dilengkapi bulu yang tebal disertai lapisan lemak pada bagian bawah jaringan kulit. Binatang pemakan segala ini biasa menghabiskan waktunya untuk mengejar makanan kesukaan mereka, yaitu anjing laut. Beruang kutub juga dapat membuat sarang berbentuk gua dari bongkahan es yang besar. Sewaktu cuaca sedang ramah, mereka akan keluar dari sarangnya guna menggemukkan badan. Sedangkan ketika musim tak bersahabat, beruang kutub lebih senang tidur dan berlindung di dalam gua.

2. Walrus

Walrus termasuk binatang kutub yang gemar makan. Setiap harinya mereka memakan ribuan udang serta kerang. Berkat kumis yang tebal, walrus mampu mencari kerang dan udang yang mengendap di dasar laut. Seperti halnya beruang kutub, walrus mempunyai tubuh dengan lapisan lemak yang sangat tebal. Bila pelancong beruntung, dapat melihat walrus di tepian pantai es secara bergerombol.

3. Rubah Merah

Rubah merah termasuk hewan yang dilindungi, bahkan populasinya akan terancam punah bila tidak ada penanganan serius. Rubah merah hidup di alam liar Kutub Utara, tapi juga bisa ditemui di benua Australia dengan jumlah yang tak terlalu banyak.

4. Kelinci Arktik

Kelinci Arktik hidup di lereng bukit atau bebatuan di dataran tinggi. Mereka menggunakan medan yang terjal sebagai perlindungan dari serangan predator seperti rubah, burung hantu, atau srigala. Kelinci di kutub utara ini sangat senang memakan rumput dan ranting dari berbagai jenis tumbuhan. Kelinci Arktik hidup secara berkelompok. Saat predator muncul, mereka mengirimkan sinyal atau tanda kepada kelinci lain agar segera bersembunyi.

Demikianlah uraian tentang hewan-hewan di Kutub Utara. Semoga dapat menambah pengetahuan kita.

Loading...
Selanjutnya : Hidup Sehat dengan Berolahraga
Sebelumnya: Komodo yang Hampir Punah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar