Jenis-jenis Hewan Hidup di Danau


Hewan hidup di danau ada bermacam-macam jenisnya. Ekosistem danau dapat diidentifikasi dengan adanya bagian perairan dalam sehingga tumbuhan berakar tidak ditemukan di bagian ini karena mereka tidak dapat tumbuh disana.

Ekosistem danau merupakan salah satu ekosistem air tawar dengan permukaan air yang tenang. Kehidupan hewan dan tumbuhan yang ada di danau juga terpengaruh oleh kedalaman wilayah danau itu sendiri. Tahapan-tahapan kedalaman ekosistem di danau terbagi menjadi empat yaitu:

1. Daerah Litoral

Daerah ini adalah daerah perairan danau paling dangkal dan dekat dengan tepi cahaya matahari masih bisa menembus area ini serta tumbuhan yang hidup disini adalah tumbuhan air berakar seperti ganggang. Hewan yang menempati area litoral ini antara lain siput, ikan, kura-kura, serangga, itik, dan berbagai hewan lainnya.

2. Daerah Limnetik

Daerah ini jauh dari tepi namun sinar matahari masih mampu menjangkau daerah ini. Berbagai fitoplankton termasuk ganggang dan sianobakteri turut menghuni area ini. Di daerah ini fotosintesis juga dapat terjadi dengan maksimal. Sebagai produsen utama ada fitoplankton dan tumbuhan air kemudian zooplankton dan beberapa jenis ikan menjadi konsumernya.

3. Daerah Profundal

Daerah ini tidak dapat ditembus cahaya matahari karena merupakan daerah yang dalam. Hewan yang hidup pada daerah ini adalah cacing, mikroba, dan bakteri.

4. Daerah Bentik

Pada daerah ini hanya terdapat bentos dan sisa organisme yang mati karena bentik merupakan dasar danau. Bentos adalah organisme yang hidup di dasar perairan yang penyebarannya ditentukan oleh sifat perairan seperti pasang surut, kedalaman dan suhu air.

Di Indonesia banyak danau yang diberdayakan menjadi taman nasional sebagai tempat perlindungan ekosistem danau itu sendiri. Selain keindahan pemandangan danaunya, melindungi flora dan fauna danau adalah hal yang lebih penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Seperti misalnya di Taman Nasional Danau Sentarum, Kalimantan Barat  terdapat banyak hewan yang bermukim sekaligus dilindungi di kawasan tersebut. Mulai dari ikan air tawar yaitu ikan toman, lais, ikan patin, ikan ulanguli, dan ikan siluk merah super. Berbagai jenis mamalia langka seperti bekantan, orang utan, ungko tangan hitam dan sebagainya. Aneka jenis burung misalnya burung bangau hutan rawa, bangau tuntong, dan sebagainya.

Potensi danau harus dikelola sebaik-baiknya karena danau dapat menjadi dikembangkan sebagai sarana pariwisata. Selain itu pencemaran sampah yang bermuara ke danau harus diberantas karena dapat merusak keseimbangan ekosistem danau serta mengganggu kehidupan Hewan hidup di danau yang hidup disana.

Selanjutnya : Cara Merawat Cucak Ijo Jadi Istimewa Agar Menang Lomba
Sebelumnya: Sahabat Jadi Cinta Tak Mungkin?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar