Hewan Langka di Indonesia Beserta Habitatnya


Hewan langka di Indonesia populasinya semakin menurun akibat banyak faktor di antaranya penebangan hutan liar, kebakaran hutan, perburuan hewan yang dilakukan oleh manusia, penyakit serta faktor lainnya.

Peran pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia sangat penting dalam bekerja sama menjaga kelestarian alam sehingga habitat hewan langka tetap terjaga. Hal ini berguna demi kelangsungan hidup fauna langka dan juga bermanfaat bagi manusia dalam bidang pengetahuan.

Hewan Langka Hampir Punah

Beberapa jenis hewan langka di Indonesia beserta habitatnya yang hampir punah seperti:

1. Elang Jawa

Populasi hewan yang hidup di Pulau Jawa ini semakin menurun drastis. Elang Jawa banyak diburu oleh orang karena bentuk fisiknya yang gagah, indah, meskipun terlihat sedikit menyeramkan. Elang Jawa banyak diburu untuk dipelihara atau diperjualbelikan. Habitat Elang Jawa ada di kawasan Tangkuban perahu, Ciasem, Panaruban, dan kabupaten Subang.

2. Badak Bercula Satu

Habitat fauna ini masih ada di cagar alam Ujung Kulon di Kabupaten Pandeglang, Banten. Badak memiliki cula di atas kepalanya.

3 Tapir

Tapir merupakan hewan yang hampir punah. Tapir umumnya berkulit putih dan hitam, memiliki telinga berbentuk oval dan hidung memanjang menyerupai belalai tapi pendek.

Tapir memiliki penciuman dan pendengaran yang tajam. Tapir termasuk hewan nocturnal, artinya hewan yang mencari makan saat malam atau binatang malam.

4. Burung Maleo

Burung Maleo habitatnya ada di kawasan Minahasa, Sulawesi Utara. Burung Maleo memiliki telur sangat besar dan sering diburu oleh manusia.

Burung Maleo tidak bisa terbang. Warna bulu burung Maleo hitam dan putih, memiliki paruh berwarna kemerahan. Populasi burung Maleo semakin langka.

5. Orang Utan

Orang Utan habitatnya ada di Kalimantan. Orang Utan biasanya tinggal di hutan dan mereka akan bersarang saat tidur. Membuat sarang yang hanya sekali pakai saja. Orang utan banyak diburu untuk dibunuh atau diperjualbelikan.

Selain itu, hewan langka lainnya di Indonesia yang sudah hampir punah adalah anoa, komodo, jalak bali, burung cenderawasih, dan babi rusa. Ayo bersama melindungi dan melestarikan hewan langka di Indonesia beserta habitatnya!

Selanjutnya : Cara Tepat Perbanyakan Tanaman dengan Teknik Kultur Jaringan
Sebelumnya: Contoh Drama Satu Babak Pendek Untuk Dipentaskan di Kelas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar