Enam Hewan Langka di Sulawesi


Banyak orang memburu hewan langka demi kepentingan perorangan, sehingga populasi hewan langka tersebut menjadi sedikit. Salah satu pulau yang mengalami hal tersebut adalah Sulawesi. Berikut ini disajikan enam hewan langka di Sulawesi.

Anoa

Secara fisik, Anoa dapat dikatakan lebih mirip dengan kerbau. Banyak tangan manusia tidak bertanggung jawab memburunya, maka hewan ini pun menjadi langka. Saat ini, jumlah anoa diperkirakan hanya mencapai 5 ekor yang masih bertahan hidup. Pemerintah melindungi dua jenis anoa, yaitu anoa pegunungan (Bubalus quarlesi)dan anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis).

Kura-kura Paruh Betet

Satwa ini hanya dapat dijumpai di pulau Sulawesi bagian utara. Kura-kura paruh betet termasuk dalam satwa yang dilindungi negara. Bahkan, satwa ini juga masuk dalam daftar The World’s 25 Most Endangered Tortoises and Freshwater Turtles—2011.Satwa ini juga termasuk dalam daftar 7 reptil langka di Indonesia.Populasi hewan ini juga sangat minim, yaitu hanya mencapai 250 ekor.

Tarsius

Tarsius termasuk dalam jenis primata yang bertubuh kecil, tetapi bermata besar. Satwa ini memiliki kaki belakang dan tulang tarsal yang memanjang, sehingga mampu melompat sejauh 3meter. Oleh karena itulah, satwa ini disebut dengan tarsius. Satwa ini hanya dapat dijumpai di pulau dan hutan Sulawesi, yaitu Suwu, Selayar, dan Peleng.

Babi Rusa

Babi rusa hanya mendiami pulau tertentu, yaitu pulau Togian, Malenge, Sula, Bura, Maluku, dan pulau disekitar pulau Sulawesi. Populasi satwa ini juga semakin menurun. Saat ini, jumlahnya diperkirakan hanya mencapai 4000 ekor. Oleh karena itulah, satwa ini termasuk dalam satwa langka di Indonesia.

Burung Maleo

Burung ini termasuk dalam daftar burung langka di Indonesia karena beberapa pertimbangan. Petama, burung ini hanya dapat dijumpai di Pulau Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Donggala dan Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah. Kedua, jumlah burung Maleo hanya mencapai 10 ribu ekor.

Kera Hitam

Satwa ini termasuk dalam primata dengan rambut berwarna hitam di seluruh tubuhnya, kecuali punggung dan selakangan. Satwa ini terkenal cerdas dan ramah. Populasi hewan ini semakin menurun dan terancam punah karena banyak diburu manusia untuk diperdagangan di sejumlah pasar Minahasa dan Tomohon.

Demikianlah uraian tentang enam hewan langka di Sulawesi. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan kita dapat menjaga dan melestarikannya.

Selanjutnya : Rumus Perkalian Sinus Cosinus
Sebelumnya: Berbagai Cerita Tentang Pekerjaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar