Fungsi Lain Pada Hiasan untuk Aquarium


Hiasan untuk aquarium, biasanya hanya digunakan untuk mempercantik penampilan aquarium. Penggunaan hiasan sebagai ornamen tambahan dalam aquarium memang ditujukan untuk menambah keindahan, sehingga unsur estetik yang ada menjadi meningkat. Bisa dibayangkan apa jadinya jika aquarium hanya berisi ikan tanpa ornamen lain, aquarium hanya berfokus pada gerak dan perilaku ikan yang begitu-begitu saja.

Tak jarang terjadi kebosanan, hingga akhirnya ikan terlantar atau dibuang dan menjadi invasive alien species di alam. Namun, tahukah bahwa hiasan untuk aquarium memiliki beberapa manfaat lainnya?
Berikut ini adalah ornamen dalam aquarium beserta manfaat tersembunyinya;

Batu Karang dan Cangkang Kerang

Tak perlu heran jika menemui cangkang kerang di banyak aquarium. Selain dipakai untuk menambah ornamen dan keindahan, batu karang dan cangkang kerang bisa berfungsi sebagai penjernih air dalam aquarium. Kandungan kapur dalam kedua benda tersebut juga mampu menyeimbangkan kadar Ph dalam air aquarium.

Batuan Zeolite

Zeolite merupakan senyawa aluminio silikat hidrat dengan kandungan logam alkali. Pecahan batuan ini umumnya disebar di alas aquarium, atau jika berupa bongkahan bisa dipakai sebagai hiasan yang menyerupai karang. Di balik manfaat estetikanya, batuan zeolite ternyata bisa juga berfungsi sebagai media adzorbent atau penjerih air juga menyerap berbagai gas yang terkontaminasi.

Pasir Laut

Pasir laut biasanya dipakai sebagai alas aquarium. Fungsinya pun beragam, selain menambah keindahan, pasir laut juga berfungsi menangkap atau mengendapkan kotoran ikan. Kotoran ikan yang tertangkap lalu mengendap dalam pasir laut, tidak akan dimakan oleh ikan yang akhirnya menyebabkan penyakit pada ikan.

Selain itu, pada aquarium yang dilengkapi tanaman air, pasir laut juga berfungsi sebagai media pertumbuhan. Akar-akar akan menancap dan menyebar melalui media ini. Kotoran ikan yang mengendap dalam pasir ini pun, bisa dipakai sebagai hara alami yang dibutuhkan tumbuhan air.

Tumbuhan Air

Tumbuhan air yang memang hidup di dalam air dan saat ini dikembangkan menjadi tanaman hias, ternyata mampu memberikan asupan oksigen pada aquarium yang dilepas daun saat proses photosintesis. Siapapun tahu, dalam proses photosintesis tumbuhan akan menyerap karbondioksida dan melepas oksigen ke udara.
Dengan demikian, kadar oksigen dalam air menjadi meningkat.

Atas dasar itulah, tumbuhan air kemudian dimanfaatkan sebagai penyeimbang oksigen dalam aquarium. Selain itu, tumbuhan ini juga bisa dijadikan sebagai media alami penempatan telur-telur ikan. Sehingga, selain mempercantik wajah aquarium, tumbuhan air juga bisa digunakan sebagai sarana pengembangan ikan hias di aquarium.

Berbagai hiasan untuk aquarium tersebut ternyata memiliki manfaat tersembunyi.

Selanjutnya : Faktor Penentu Harga Batu Kecubung
Sebelumnya: Profil Pontianak Post News
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar