Pola Hidup Sederhana Menurut Islam


Hidup sederhana menurut Islam merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan karena dapat menghindarkan manusia dari sifat sombong, iri, dan dengki.

Meskipun pola hidup ini sangat jauh dari kemewahan, namun ini menjadi anjuran. Itulah kenapa Allah Swt. sangat membenci orang yang senang bermegah–megahan. Hal ini lebih ditegaskan lagi oleh Rasulullah saw. selama hidupnya.

Pengertian Hidup Sederhana

Hidup sederhana adalah kehidupan yang dijalani oleh seseorang yang tidak mengutamakan kemewahan. Namun, dia juga bukan orang yang miskin harta. Golongan ini sangat berhati–hati dalam melakukan segala sesuatunya.

Perintah Hidup Sederhana dalam Al–Quran

Dalam Islam, kita diajarkan agar dalam menggunakan dan melakukan segala sesuatu harus ada batas atau tidak berlebihan.

Sebab, hal tersebut dapat menjadikan seseorang menjadi kikir, boros, dan berlebih–lebihan yang dilarang oleh Allah Swt. Dalam QS. Al–Furqon: 67, QS. Al–A’raaf: 31, dan Qs. At–Takastsur: 1-8 ada penjelasan tentang hidup bermegah-megahan.

Suri Teladan dalam Mejalani Hidup Sederhana

Manusia yang pantas menjadi suri teladan bagi umat di bumi ini yaitu Nabi Muhammad saw. Sejak dulu, beliau telah menjadi teladan bagi umat muslim maupun nonmuslim, baik dalam pola kehidupannya, kepemimpinannya, dan dalam kehidupan sosialnya.

Hikmah Hidup Sederhana

Hikmah yang paling terasa ketika kita menjalani pola hidup sederhana yaitu kita akan merasa aman, tenteram, damai, dan sejahtera. Karena apa pun yang kita miliki tidak membuat orang lain iri dan dengki.

Tips Hidup Sederhana

Ketika akan mengerjakan sesuatu, kembalikan semua kepada rida Allah Swt. Sebab dengan demikian, kita akan merasa bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini hanya milik Allah dan kita hanya dititipi.

Seperti halnya harta yang banyak, jika Allah Swt. menginginkannya kembali dalam waktu kurang dari satu detik, semua itu akan kembali pada-Nya.

Kisah Hidup Sederhana Rasulullah

Rasulullah merupakan suri teladan bagi semua umatnya, baik perkataan, perbuatan, dan tindakannya. Beliau tidak hanya mencontohkan dari segi kepemimpinannya saja. Namun juga segi kehidupan sederhana yang dijalani hingga akhir hayatnya.

Pola Hidup Sederhana dalam Islam

Hidup sederhana menurut Islam sangatlah simple karena tidak mengutamakan kemewahan pada struktur hidupnya. Mulai dari cara makan, pakaian yang digunakan, harta, dan cara berbicara.

Selanjutnya : Manipulasi Gambar D2 dengan Efek Puzzle dalam Photoshop
Sebelumnya: Manfaat Tawon untuk Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar