Hikmah Ibadah Haji dan Umroh


Hikmah ibadah haji dan umroh akan didapatkan dari siapa saja yang melaksanakan ibadah haji dan umrah ini. Walaupun memang terdapat perbedaan di dalam pelaksanaan kedua jenis ibadah ini, namun terdapat kesamaan yang hakiki yaitu kunjungan menuju ke Baitullah atau rumah Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa hikmah yang dapat diambli dari pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

Meningkatkan Kualitas Keimanan

Iman adalah kepercayaan kepada Allah SWT.  Dengan berada di rumah Allah SWT akan meningkatkan keimanan kita kepada Allah. Di Baitullah seakan kita benar-benar diperlihatkan akan bagaimana kekuasaan Allah SWT. Allah SWT adalah sungguh pencipta kita dan juga Zat Pengatur.

Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah

Walaupun haji dan umrah adalah ibadah individu namun dalam pelaksanaanya dilakukan secara bersama dengan kaum muslimin lain. Di Ka’bah tak akan  ada lagi simbol nasionalisme di dalam diri kaum muslim. Semuanya berada di dalam satu naungan bendera yaitu bendera kaum muslim.

Sejatinya, inilah yang dibutuhkan saat ini yaitu persatuan seluruh umat muslim untuk dapat keluar dari hegemoni penjajahan gaya baru oleh negara-negara Barat yang telah banyak menguasi sebagian besar wilayah kaum muslim. Selain itu, keberadaan kaum muslim di Mekkah juga berada dalam satu pakaian yang sama yaitu putih. Hal ini seharusnya dapat meningkatkan semangat persatuan kaum muslim.

Semangat Penerapan Syariat Islam

Haji dan umrah adalah salah satu dari banyaknya syariat yang ada di dalam ajaran agama Islam, jika kaum muslim mau melaksanakan syariat ini, maka sejatinya mereka juga harus siap dan mau menerapkan syariat Islam yang lain terutama penerapan syariat Islam secara total dan menyeluruh.

Syariat atau aturan Islam dibuat untuk mengatur kehidupan manusia agar berjalan di dalam koridor yangbaik dan tepat. Tidak seperti saat ini, ketika manusia mulai berani untuk memakai hukum manusia maka akan terjadis banyak kehancuran. Inilah saatnya untuk dapat mengingatkan diri akan kewajiban penerapan syariat Islam secara menyeluruh.

Itulah beberapa hikmah ibadah haji dan umrah yang dapat kita petik dari pelaksanaan dua ibadah di rumah Allah SWT ini.

Selanjutnya : Cara Membuat Makanan Ringan Pisang Nugget
Sebelumnya: Jadwal Pemutaran Film di Bioskop Pemalang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar