Hikmah Rukun Islam


Dalam Islam dikenal rukun Islam sebagai ibadah yang wajib dilakukan. Terutama poin satu sampai empat dalam rukun Islam. Ada lima rukum Islam, yaitu syahadat, salat, zakat, puasa, dan naik haji. Banyak hal yang bisa didapat dari hikmah rukun Islam tersebut karena setiap ibadah yang ada pada rukun Islam memiliki fungsi masing-masing. Berikut beberapa penjelasan tentang hikmah syahadat sampai naik haji dalam rukun Islam.

1. Hikmah Syahadat

Syahadat adalah dua buah kalimat yang menyatakan, ”Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan, selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.” Dua kalimat syahadat tersebut merupakan cara bagi seseorang untuk memeluk agama Islam.

2. Hikmah Shalat

Kita tahu bahwa salat adalah tiang agama. Kadar pahala yang dihisab pertama kali adalah salat. Tidak akan benar perilaku seseorang jika salatnya pun belum benar karena salat bisa mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar.

Salat bukanlah suatu ibadah yang hanya mengandalkan gerakan. Salat lebih kepada keikhlasan dan pendekatan kepada Allah. Ada banyak fungsi salah. Ada salat lima waktu. Setiap waktu salat memiliki manfaat tersendiri bagi hidup. Fungsi dan hikmah salat adalah relaksasi diri dan penyucian jiwa dari berbuat perbuatan keji, perkataan kotor, dan pikiran buruk.

3. Hikmah Zakat

Zakat merupakan sarana penyucian diri dari berbagai kekotoran hati dan menjadi sarana penyucian harta. Zakat adalah memberikan sebagian harta kepada orang yang tak mampu. Zakat harus dijalankan denga penuh keikhlasan. Dengan zakat, manusia belajar keikhlasan, kesabaran, serta ketenangan hati dan pikiran.

4. Hikmah Puasa

Hampir sama dengan zakat, manusia harus belajar sabar dengan melakukan puasa. Manusia bisa mempelajarinya karena dalam puasa tidak seseorang boleh mengumbar emosi dan amarah.

5. Hikmah Naik Haji

Naik haji adalah ibadah tertinggi yang hanya bisa dilakukan orang yang mampu melaksanakannya. Mampu di sini berarti mampu dalam hal materi. Dengan melaksanakan ibadah haji, seseorang diharapkan bisa berubah lebih baik daripada sebelumnya.

Bagi salah satu agama lain, proses penenangan diri dilakukan lewat olahraga semacam yoga. Namun, di Islam, hikmah rukun Islam adalah salah satu alat penenangan atau olahraga untuk melatih ketenangan jiwa dan pikiran sehingga kondisi mental dan fisik tetap seimbang. Contohnya adalah salat. Kita tidak hanya belajar menenangkan hati dan pikiran saat salat. Salat juga ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Betapa luar biasanya Islam. Ibadahnya saja sudah merupakan suatu olahraga dan latihan untuk mencapai tingkat ketenangan tertinggi dalam kehidupan. Demikianlah sedikit penjelasan tentang hikmah rukun Islam.

Selanjutnya : 10 Tanaman Hidroponik
Sebelumnya: Arti Nama Bayi Menurut Hari dan Bulan Kelahiran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar