Cara Menulis dan Membaca Hitungan Waktu dalam Bahasa Inggris

Di Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan bahasa Inggris pada daftar pelajaran utama yang harus dipelajari murid sekolah. Bahasa Inggris tidak pernah lepas dari daftar Ujian Nasional. Semakin bertambahnya tahun, standard nilai yang diperoleh untuk mata pelajaran bahasa Inggris semakin tinggi. Mengingat hal tersebut, salah satu kesulitan murid-murid adalah menulis dan membaca hitungan waktu dalam bahasa Inggris.

Perbedaan yang mencolok antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tentu membuat murid-murid menjadi bingung. Perlu ingatan yang tajam dan belajar berulang-ulang untuk memahami.

Loading...

Aturan-aturan Waktu yang Perlu Diperhatikan

Waktu dalam bahasa Inggris memiliki aturan-aturan khusus. Aturan-aturan tersebut harus selalu diingat dan diperhatikan dengan baik. Jika tidak, maka kesalahan yang sepele akan terjadi. Saat belajar mengenai waktu ini, murid-murid harus serius memperhatikan.

Jika menitnya berada pada rentang waktu satu hingga tiga puluh menit, maka kata yang digunakan adalah ‘past’. Dalam bahasa Indonesia kata ‘past’ini berarti ‘lebih’. Misalnya tertulis 10:20, maka membacanya adalah ‘it is twenty past ten’. Kelebihan dari menit dibaca dahulu, selanjutnya diikuti dengan jamnya. Dibaca ‘pukul sepuluh lebih dua puluh menit’ untuk pengucapan bahasa Indonesia.

Jika menitnya berada pada rentang waktu melebihi setengah jam atau 31 hingga 59 menit, maka kata yang digunakan adalah ‘to’. Penyampaian jam dan menit pada aturan ini adalah untuk jam berikutnya. Dalam bahasa Indonesia ‘to’ bisa berarti ‘kurang’.

Misalnya, tertulis 10:50, maka cara bacanya ‘it is ten to eleven’. Ini karena jam selanjutnya adalah jam sebelas, sedangkan selisih antara jam 11 dan jam yang ditunjuk adalah sepuluh menit. Dibaca ‘pukul sebelas kurang sepuluh menit’ untuk bahasa Indonesia.

Saat jam menunjukkan waktu yang tepat, cukup tambahkan tulisan o’clock di belakang jam yang ditunjuk. Misalnya tertulis 11:00, maka cara membacanya adalah ‘it is eleven o’clock’. Kata ‘quarter’ digunakan jika ada selisih 15 menit atau kurang 15 menit. Misalnya tertulis 5:15, maka cara bacanya ‘it is a quarter past five’. Sedangkan untuk 5:45, dibaca ‘it is a quarter to six’.

Untuk penulisannya, hitungan waktu dalam bahasa Inggris menggunakan format 12 jam dengan tambahan ‘am’ atau ‘pm’ di belakangnya. ‘Am’ digunakan untuk menjelaskan waktu yang berlangsung pagi hari hingga siang dengan rentang waktu setelah jam 12 malam hingga jam 12 siang. Sedangkan ‘pm’ digunakan untuk rentang waktu setelah jam 12 siang hingga jam 12 malam.

Itulah beberapa aturan yang perlu dipahami agar tidak salah lagi dalam menulis dan membaca hitungan waktu dalam bahasa Inggris. Semoga murid-murid dapat mengembangkan bahasa Inggris demi kemajuan bangsa.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Beberapa Cara Menyelesaikan Masalah Sengketa Internasional dengan Kekerasan
Sebelumnya: Cara Menjawab Pertanyaan dalam Bahasa Inggris yang Baik pada Saat di Wawancara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar