Hormon yang Mempengaruhi Perubahan pada Anak Laki-laki


Gejolak berupa emosi sering mudah tersulut, apalagi terjadi di kalangan remaja. Ujung-ujungnya, timbul perselisihan. Sebenarnya, secara tidak langsung ada faktor dari hormon tubuh manusia yang muncul. Mari simak uraian berikut mengenai hormon yang mempengaruhi perubahan pada anak laki-laki.

Penyebab Munculnya Pubertas

Hormon hipofisis (pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh) yang menyebabkan perubahan fisik pada seseorang. Inilah awal perkembangan sewajarnya dan normal terjadi dialami oleh anak remaja putra maupun putri. Dalam masa puber, ini merupakan tingkat pertumbuhan menuju matangnya produksi akan hormon seks.

Penyebab Perubahan pada Pubertas

Masa puber seorang remaja ternyata menghasilkan dua hormon, yaitu hormon pertumbuhan dan hormon yang bisa meningkatkan kegiatan sel reproduksi. Sebelum masa puber, secara bertahap jumlah hormon tersebut semakin bertambah dan peningkatan kepekaan juga kian meningkat. Sehingga, muncullah sensasi perasaan saat masa puber mulai terjadi. Hal tersebut dapat dilihat saat seseorang mulai tertarik akan lawan jenisnya, yakni pria terhadap wanita dan sebaliknya.

Perubahan Genital Anak Laki-laki 

Tanda pertama dari pubertas anak laki-laki adalah peningkatan ukuran testis secara perlahan-lahan. Percepatan pertumbuhan pada anak laki-laki terjadi lebih lambat daripada anak perempuan. Ini terjadi sekitar enam bulan setelah rambut kemaluan mulai tumbuh. Menjelang akhir pubertas, suara anak remaja laki-laki akan mulai pecah. Perubahan suara tersebut disebabkan oleh testosteron, hormon yang meningkat pada anak laki-laki selama masa pubertas.

Hal ini menyebabkan pita suara menjadi lebih tebal dan lebih panjang. Saat itulah anak laki-laki akan mulai memiliki jakun, sebagai ciri khas yang terdapat pada laki-laki yang beranjak dewasa.

Bagi remaja yang mengalami puber, sebaiknya tidak perlu minder. Hadapi perubahan hormon ini dengan sikap positif dan rasa kepercayaan diri yang baik. Seringlah bertanya dan berkonsultasi dengan orang tua demi menambah wawasan. Anggaplah semua perubahan yang terjadi pada diri sendiri tersebut juga dirasakan oleh orang lain. Jadi, tidak perlu merasa khawatir akan perubahan tersebut, karena semua orang juga akan mengalaminya.

Itulah ulasan tentang hormon yang mempengaruhi perubahan pada anak laki-laki.

Selanjutnya : Motif Batik Parang Rusak dari Jawa Tengah
Sebelumnya: Harga CBR 150 Lawas Turun Seiring Keluarnya All NEW CBR
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar