Hubungan Metode Pembelajaran dengan Prestasi Mahasiswa


Indeks prestasi mahasiswa yang tinggi merupakan hubungan metode pembelajaran dengan prestasi mahasiswa. Metode belajar yang baik akan menghasilkan nilai yang baik. Seorang mahasiswa harus mempunyai tujuan dari proses belajarnya. Dengan memiliki tujuan akan dapat menjadi pemicu untuk belajar lebih baik dan akan menghasilkan prestasi yang baik pula.

Pengertian dari proses belajar yaitu suatu proses perubahan dari kecakapan, sikap, pengetahuan dan apresiasi. Perubahan tersebut dapat terjadi melalui pengalaman dan latihan yang diperoleh dari proses belajar. Hasil dari proses belajar akan memperoleh nilai dan prestasi yang tinggi.

Prinsip belajar yang baik diantaranya adalah belajar harus mempunyai tujuan yang terarah, proses belajar membutuhkan suatu bimbingan, belajar membutuhkan pemahaman agar mencapai pengertian, proses belajar merupakan proses yang aktif sehingga dapat terjadi pengaruh antara mahasiswa dengan lingkungan dan belajar harus diikuti dengan keinginan serta kemauan yang kuat untuk mencapai tujuan. Dengan adanya prinsip belajar dapat digunakan sebagai pedoman agar proses belajar berjalan dengan baik.

Metode Belajar Mahasiswa

Metode yang dapat digunakan untuk sarana belajar bagi mahasiswa adalah metode mengikuti kuliah, metode mengatur waktu, metode membaca buku, metode membuat ringkasan, metode menghapal pelajaran, metode belajar kelompok dan metode menempuh ujian.

Hasil yang baik akan dapat diperoleh apabila seorang mahasiswa dapat mempersiapkan tugas sehari-hari dengan baik, ikut berperan serta di dalam diskusi, seminar dan kuliah, mengevaluasi isi dari mata kuliah yang telah diterima dengan teratur, mampu menghapal rumus, prinsip dana semua detail yang penting, membuat catatan yang lengkap dan teratur dan dapat menjalankan rencana belajar secara realistis.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari belajar mahasiswa yaitu tujuan belajar yang ingin dicapai, minat terhadap belajar dan pelajaran, mempunyai kedisiplinan di dalam belajar, mampu berkonsentrasi saat belajar dan mempersiapkan kesehatan jasmani dan rohani secara prima.

Proses belajar yang baik akan menghasilkan indeks prestasi yang memuaskan. Hubungan metode pembelajaran dengan prestasi mahasiswa sangat penting untuk memperoleh hasil indeks prestasi yang baik dan memuaskan.

Selanjutnya : Kurangnya niat baca di Indonesia Benarkah?
Sebelumnya: Peranan Ilmu Ilmiah Dasar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar