Hukum dan Demokrasi Pancasila di Indonesia


Hukum dan demokrasi Pancasila mengatur kehidupan bernegara dan bermasyarakat di Indonesia. Semua warga negara yang mendiami Indonesia harus patuh dalam aturan hukum dan demokrasi yang berlaku dan berlandaskan Pancasila. Bagaimana pelaksanaan hukum dan demokrasi di Indonesia? Apakah sejalan dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam sila-sila Pancasila sebagai landasan hidup bangsa? Kita akan lihat dalam tulisan berikut.

Hukum dan demokrasi yang dijalankan di Indonesia tentu saja sejalan dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Dengan kata lain, hukum dan pelaksanaan demokrasi harus menjiwai nilai-nilai Pancasila, jika tidak akan menimbulkan kesenjangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hukum yang tidak berjalan dengan baik akan melumpuhkan penegakan hukum itu sendiri.

Demokrasi Berlandaskan Pancasila

Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat. Itu artinya rakyat yang menjadi pemegang kekuasaan tertinggi. Kekuasaan rakyat dimandatkan oleh wakil rakyat yang duduk di pemerintahan. Sebagai wakil rakyat, pemerintah menjalankan segala tugasnya untuk mengabdi kepada rakyat. Pengabdian pemerintah kepada rakyat inilah yang harus dijiwai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila.

Pancasila memuat sila-sila yang melindungi dan mengayomi rakyat. Tidak hanya rakyat yang harus mematuhi Pancasila, tetapi pemerintah pun baik itu legislatif, yudikatif maupun eksekutif juga harus mematuhi Pancasila. Semua rakyat Indonesia tidak ada pengecualian, harus menaati dan mengamalkan nilai moral dalam Pancasila. Itu artinya pelaksanaan demokrasi dalam negara juga harus menjiwai dan mengamalkan Pancasila.

Hukum Berlandaskan Pancasila

Tidak hanya pelaksanaan demokrasi yang harus menjiwai dan mengamalkan Pancasila, tetapi hukum juga. Sekalipun hukum di Indonesia masih menganut hukum positif peninggalan Belanda, pelaksanaannya harus menyesuaikan dengan ideologi dan landasan hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. Sebenarnya Pancasila yang diwakili oleh sila-silanya itu merupakan seperangkat hukum yang mengikat seluruh rakyat Indonesia.

Salah satu bentuk hukum dan demokrasi Pancasila yang tertuang dalam nilai landasan negara adalah pelaksanaan hukum yang adil serta pengadilan yang bebas dan tidak memihak. Semua rakyat Indonesia sama di mata hukum, tidak ada pengecualian, apakah para pejabat pemerintah, aparat hukum itu sendiri sampai rakyat kecil. Siapa yang melangar hukum harus diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kebebasan rakyat untuk bersuara pun juga harus dilindungi oleh hukum. Hal ini sejalan dengan pengamalan sila kelima, ‘keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’ dan sila kedua, ‘kemanusiaan yang adil dan beradab’. Hukum yang dijalankan dengan menjiwai dan mengamalkan Pancasila akan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Demikianlah ulasan singkat mengenai hukum dan demokrasi Pancasila yang berlaku dalam negara kesatuan Indonesia. Pelaksanaan dari hukum dan demokrasi di Indonesia harus dijiwai dengan nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Ikan Koi dan Keunikannya
Sebelumnya: Awal Mula Sejarah UPI Kampus Daerah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar