Apakah Hukum di Malaysia Menerapkan Syariat Islam?

Jika ditanya, apakah hukum di Malaysia menerapkan syariat Islam secara benar, total dan menyeluruh maka jawabannya dapatdilihat dari fakta yang ada di dalam penerapan hukum yang ada di satu negara di kawasan Asia Tenggara ini.

Malaysia

Malaysia adalah negara yang termasuk ke dalam negara dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Walaupun memang tak memungkiri adanya penduduk lain yang memeluk agama yang lain seperti Kristen, Budha, Hindu ataupun yang lain. Dengan fakta ini maka tak mengherankan jika terjadi pertanyaan ataupun harapan mengenai penerapan syariat Islam di negara kita.

Negara yang menerapkan syariat Islam akan disebut dengan negara Islam. Negara Islam bukan dilihat dari mayoritas penduduknya ataupun bahkan keseluruhan penduduknya yang memeluk agama Islam. Namun, yang dijadikan kategori sebuah negara disebut dengan negara Islam adalah penerapan hukum Islam di dalam negara tersebut.

Ajaran yang ada di dalam agama Islam tidak hanya mengajarkan tentang ibadan secara individu saja. Namun, ajaran di dalam Islam terdapat aturan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Bukti bahwa aturan Islam juga mengatur kehidupan sosial misalnya adalah di dalam hal ekonomi di mana Islam melarang adanya praktik riba. Contoh yang lain mengenai pengelolaan kekayaan alam yang seharusnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat secara mutlak.

Aturan yang diterapkan ini haruslah diterapkan secara keseluruhan. Semua aspek dalam kehidupan diatur dengan menggunakan aturan Islam. Misalnya adalah sistem pemerintahan menggunakan aturan Islam dimana kekuasaan tertinggi ada di tangan hukum syara’ dan kepala negara adalah seorang khalifah dengan kekuasaan yang diatur dengan hukum syara’ pula. Lalu, bidang ekonomi diatur dengan aturan Islam serta bidang yang lain.
Jika kita melihat ke Negara Malaysia maka ciri yang disebutkan di atas tidak ada di sana. Aturan yang diterapkan bukan aturan Islam secara menyeluruh. Memang ditemukan beberapa syariat Islam yang dijadikan sebagai hukum, namun hal ini hanyalah dalam bentuk parsial saja. Sehingga dengan ini kita dapat menyebut bahwa hukum di Malaysia bukanlah hukum Islam walaupun sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam.

Selanjutnya : Deskripsi Ucapan Selamat Pagi Yang Panjang Banget
Sebelumnya: Buah Untuk Ginjal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...