Peranan Hukum Islam di Indonesia Masa Reformasi


Reformasi di Indonesia indentik dengan pergantian kekuasaan Soeharto di tahun 1998. Reformasi diartikan sebagai perubahan Indonesia dari orde baru menjadi negara yang lebih terbuka akan kebebasan berpendapat dan termasuk dalam hal hukum. Hukum di Indonesia memang berdasarkan dengan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Hukum Islam di Indonesia masa reformasi masuk seiring dengan masuknya Islam ke Indonesia, dan berkembang setelah Indonesia mereka hingga masa reformasi berkembang.

Hukum Islam

Hukum Islam adalah hukum yang berdasarkan dan selalu berkaitan dengan agama Islam. Hukum Islam tidak hanya menyangkut hubungan antarmanusia dengan Tuhan akan tetapi hukum Islam juga mengatur hubungan antarmanusia dengan manusia lain atau masyarakat.

Salah satu peranan hukum Islam di Indonesia dirasakan oleh masyarakat pasca Indonesia merdeka seperti institusi peradilan agama Islam yang menerapkan dasar-dasar hukum Islam. Sedangkan pemberlakuan hukum Islam bisa dibaca pada UU No 1 tahun 1974 tentang pernikahan dan peraturan pemerintah atau PP No 28 tahun 1977 tentang wakaf atau pewakafan. Landasan dalam hukum Islam yang pertama adalah kitab suci agama Islam, Al Qur’an, Sunnah Nabi Muhammad SAW atau Rasulullah SAW, ijma, sahabat, dan Qiyas.

Perkembagan Hukum di Indonesia

Pasca tahun 1998 era keterbukaan, Indonesia mulai berkembang dan ini juga yang mengembangkan suara orang-orang untuk mempunyai hukum yang sesuai dengan keyakinannya. Perkembangan hukum Islam di Indonesia bisa dilihat dengan banyaknya keputusan pemerintahan yang mengandung nilai-nilai Islam dalam undang-undangnya, seperti:

hukum islam

Nah, sekarang sudah tahu kan pernana hukum islam di Indonesia. Dengan penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa hukum islam di Indonesia mempunyai kedudukan yang penting.

Hal ini ditandai dengan berlakunya hukum agama di Indonesia. Hukum yang didasakan pada ajaran agama masing-masing.

Perkembangan hukum di Indonesia berlaku untuk mewujudkan bangsa yang tenteram dan damai. Kedamaian dan ketentraman itu harus disertai dengan perilaku dan sikap warga yang baik.

Dengan demikian, bangsa akan aman dan tenteram. Demikianlah artikel seputar peranan hukum islam dan perkembangan hukum di Indonesia. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Akuntansi Keuangan
Sebelumnya: Perbedaan Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif Kupu-Kupu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar