Hukum Lelang dalam Islam


Hukum lelang bagi pelaku ekonomi memang menjadi sebuah perbincangan. Bagi mereka yang belum tahu tentu akan penasaran mengenai hukum dari lelang yang dilakukan di dalam pasar tersebut. Bagaimana Islam memandang permasalahan lelang yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini?

Apalagi sekarang ini juga ada website yang menyediakan lelang barang secara online. Tidak hanya toko saja yang dibuat online tetapi lelang juga ternyata bisa dibuat menjadi online. Hal ini tentu memancing berbagai pertanyaan mengenai hukum terhadap lelang tersebut.

Seorang muslim yang baik adalah yang selalu melakukan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Jika hal tersebut adalah hal yang dilarang maka kita tidak segan untuk meninggalkannya tetapi jika hal tersebut adalah hal yang tidak dilarang maka tidak ada salahnya untuk menjalankannya.

Lelang

Praktek lelang dalam Islam adalah diperbolehkan sebagaimana Rasulullah SAW juga pernah melakukan jual-beli dengan lelang. Namun, patut diketahui ada sebuah perbedaan yang cukup mendasar antara lelang dengan menawar barang yang sudah ditawar oleh orang lain.

Hukum dari lelang dikatakan boleh dikarenakan Rasulullah sendiri pernah melakukannya. Hal didasarkan padaHadist Tarmidzi bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan lelang terhadap dua benda yang dimilikinya yakni pelana dan mangkok air.

Berdasarkan hal tersebutlah maka hukum dari lelang bagi seorang muslim adalah boleh dilakukan. Jika kita hendak menjual barang ataupun membeli barang secara lelang maka hal itu adalah boleh-boleh saja untuk dilakukan.

Ulama lain berpendapat bahwa hukum dari lelang adalah makruh. Hal ini juga didasarkan pada hadist lain yang diriwayatkan oleh Al Bazzar. Namun hadist yang diriwayatkan oleh Al Bazzar tersebut dinilai dhaif sehingga para ulama menghukumi makruh dan bukannya haram.

Yang patut menjadi catatan lainnya dalam sebuah lelang adalah adanya DP atau uang muka. Ketika hasil lelang telah disepakati dan DP telah dibayar maka tidak diperkenankan untuk menjual kembali barang tersebut kepada orang lain. Demikianlah hukum lelang dalam Islam. Semoga semakin terang jalan kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Selanjutnya : Berita Kids Choice Awards
Sebelumnya: Berita Justine Bieber Terbaru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar