Hukum Menuntut Ilmu dalam Pandangan Islam

Manusia sebagai Makhluk Sempurna Ciptaan Allah SWT

Manusia diciptakan sebagai makhluk sempurna. Manusia memiliki lima panca indera yang dapat digunakan untuk melihat, mendengar, mencium, berbicara dan merasakan sentuhan. Manusia juga dibekali akal dan pikiran. Maka dari itu, manusia harus mampu memanfaatkan kesempurnaan yang didapatkan untuk berpikir dan menggali ilmu dengan cara menelaah hukum menuntut ilmu dalam pandangan Islam.

Loading...

Hukum-hukum Menuntut Ilmu Dalam Islam

Bagi umat Islam, menuntut ilmu merupakan salah satu hal yang dianggap sebagai ibadah. Hukum menuntut ilmu dalam pandangan Islam adalah wajib kifayah jika ada orang segerombolan orang yang mempelajari suatu hal. Tentu saja pelajaran itu adalah pelajaran yang baik dan bermanfaat. Hukum bisa berubah menjadi hukum wajib ‘ain jika seseorang memang wajib dan harus mempelajari ilmu tersebut.
Hukum-hukum tersebut dijelaskan oleh Ibnu Abdil Bar, yang berbunyi:

Hukum ilmu yang wajib ‘ain adalah ilmu yang bertujuan menegakkan agama, terlebih pada orang yang akan menyampaikan pesan agama kepada seseorang. Seseorang yang menegakkan agama dengan membimbing orang lain, tidak boleh menganggap remeh ilmu yang ia sampaikan. Dalam agama Islam, seseorang yang membimbing orang lain tentang agama tidak boleh meninggalkan hal yang telah menjadi kewajibannya, seperti sholat lima waktu, berpuasa, menunaikan zakat dan kewajiban agama yang lain.

Sedangkan untuk hukum wajib kifayah adalah hukum menuntut ilmu yang harus dilaksanakan namun bebannya tidak seberat wajib ‘ain. Jika ada sekumpulan orang yang mempelajari suatu ilmu, maka tidak menjadi dosa pada orang yang tidak mempelajarinya. Dosa orang yang tidak mempelajariny menjadi gugur.

Perintah Menuntut Ilmu Ada Di Dalam AL-Quran

Dalam agama Islam, sebenarnya menuntut ilmu telah diturunkan saat Rasulullah mendapatkan wahyu pertamanya. Wahyu pertama Raulullah yang berarti Bacalah! Merupakan petunjuk bagi umat Islam untuk menuntut ilmu sebaik-baiknya. Surat pertama yang diturunkan agar menuntut ilmu adalah surat Al-Alaq yang berarti:

Beberapa Manfaat Menuntut Ilmu Dalam Islam

Islam memiliki Al-Quran yang menjadi panduan pedoman hidup. Di dalam Al-Quran masih banyak lagi ayat yang memerintahkan untuk menuntut ilmu. Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menuntut ilmu dan mengamati ilmu pengetahuan. Hanya dengan menuntut ilmu, seseorang dapat membedakan yang benar dan yang salah. Ilmu disebutkan sebagai salah satu vitamin untuk akal dan pikiran manusia.

Kebijaksanaan dalam berpendapat dan bertindak akan terlihat pada orang yang berilmu. Maka dari itu menuntut ilmu sangat penting untuk meningkatkan harga diri. Dengan ilmu baik dan bermanfaat memiliki fungsi untuk arah kemajuan yang lebih baik. Dengan mengetahui hukum menuntut ilmu dalam pandangan Islam, maka umat akan memiliki kecerdasan.

Loading...
Selanjutnya : Prosedur Kompetensi Karyawan
Sebelumnya: Hukum Main Saham
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar