Hukum Perceraian di Indonesia


Hukum perceraian di Indonesia dilaksanakan di dua tempat yang berbeda berdasarkan agamanya masing-masing. Bagi seseorang yang memeluk agama Islam maka proses perceraiannya dilaksakan di kantor pengadilan agama sedangkan yang non muslim maka proses perceraiannya dilaksanakan di pengadilan negeri.

Perbedaan ini dikarenakan adanya perbedaan dalam proses menjalankan agama. Dalam Islam ada beberapa proses yang harus dilalui untuk bisa mengajukan sebauh gugatan cerai. Selain itu, proses pernikahan juga dicatat di kantor urusan agama (KUA) sehingga proses perceraiannya juga masih berurusan dengan pengadilan agama.

Hal ini berbeda dengan orang yang non muslim ketika menikah cukup dicatat di catatan sipil sehingga ketika bercerai cukup dilayani di kantor pengadilan negeri. Proses perceraian sendiri bisa diakibatkan oleh banyak.

Alasan Perceraian

Salah satu sebab yang paling banyak untuk dijadikan alasan sehingga muncul proses perceraian adalah tidak ada rasa sayang diantara keduanya sehingga timbul rasa tidak cocok.

Selain itu, masih banyak beberapa alasan lainnya yang menyebabkan sebuah proses gugatan cerai bisa dikabulkan oleh majelis hakim. Berikut adalah beberapa alasan lainnya yang bisa dijadikan sebagai alasan pengajuan gugatan cerai:

1. Salah satu pasangan melakukan perbuatan zina, berjudi, mabok, dan hal lain yang sangat sulit untuk dihilangkan.

2. Adanya tindakan kekerasan rumah tangga (KDRT) yang dilakukan secara kejam oleh salah satu pasangan.

3. Salah satu pasangan masuk penjara selama 5 tahun atau lebih sehingga diperbolehkan bagi pasangan lainnya untuk mengajukan cerai.

4. Adanya cacat pada diri pasangan sehingga tidak bisa melaksanakan tugasnya sebagai seorang istri atau suami secara utuh

5. Salah satu pasangan meninggalkan yang lainnya selama 2 tahun berturut-turut tanpa adanya izin dari pasangan yang lainnya.

Beberapa alasan tersebut adalah alasan yang cukup kuat untuk dijadikan sebagai alasan pengajuan gugatan cerai.Hukum perceraian di Indonesiadibuat untuk mempermudah proses perceraian pasangan yang sudah merasa tidak cocok lagi dan bukannya untuk mempersulit. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk mendatangi pengadilan agama atau pengadilan negeri jika sudah merasa tidak cocok lagi dengan pasangan.

Selanjutnya : Game Bawaan HP Nokia 7610
Sebelumnya: Romantisnya Waktu Han Ji Eun Menikah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar