Istilah Hukum Perintah Hukum Larangan Perkenan


Istilah hukum perintah hukum larangan perkenan merupakan beberapa istilah dalam bidang hukum. Hukum salah satunya diartikan dalam tiga unsur hukum tersebut, yaitu perintah, larangan, dan perkenan. Ketiganya ada di dalam aturan hukum yang selama ini kita kenal.

Aturan Hukum

Hukum memang ada bermacam-macam, misalnya hukum negara yang merupakan hukum yang diterapkan di suatu negara. Hukum negara, wajib ditaati oleh warga negara yang ada di negara itu.

Setiap negara memiliki hukum dan dasar hukum masing-masing. Indonesia contohnya, dasar hukumnya ada di UUD 1945, dan ditunjang dengan UU serta peraturan pemerintah lainnya.

Salah satu unsur hukum adalah hukum perintah. Seperti namanya, berarti suatu hukum bisa memerintahkan orang yang terikat dengan hukum, untuk melakukan sesuatu. Di Indonesia contohnya, ada peraturan untuk memakai helm saat berkendara sepeda motor.

Hukum tersebut memerintahkan pengendara sepeda motor untuk memakai helm. Tentu saja perintah tersebut harus dipatuhi oleh pengguna jalan. Jika tidak, mereka akan mendapat sanksi hukum dari pihak yang berwajib. Selain itu, masih banyak lagi contoh hukum yang berisi perintah dalam berlalu-lintas, seperti perintah untuk memakai sabuk pengaman dan berkendara di lajur sebelah kiri.

Selanjutnya adalah hukum larangan, hukum ini berisi larangan atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang terikat pada hukum. Di berbagai negara misalnya ada hukum larangan yang melarang orang untuk mencuri.

Pencurian tersebut tidak bisa dibenarkan di depan hukum. Hukuman atau sanksi bagi pencuri juga beraneka ragam, tergantung pada kebijakan negara. Hukum larangan ini juga dikenal dalam hukum agama.

Isi hukum selanjutnya adalah perkenan. Perkenan yang dimaksud adalah perizinan. Ada beberapa hal yang harus melalui perizinan terlebih dahulu sebelum orang-orang yang terikat pada hukum melakukan suatu hal.

Contohnya dalam mendirikan sebuah usaha, pengusaha harus memiliki surat izin untuk pendirian usaha itu. Perizinan atau perkenan ini diterapkan dalam berbagai bidang untuk mengatur kegiatan warga negaranya.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia. Mematuhi hukum berarti menghindar dari sanksi yang disiapkan oleh penegak hukum. Ketiga isi hukum, yaitu hukum perintah hukum larangan perkenan di Indonesia juga harus kita pelajari sehingga kita bisa terus berada dalam koridor hukum yang berlaku.

Selanjutnya : Mengenal Tiga Jenderal Besar di Indonesia
Sebelumnya: Fenomena Penyanyi Pendatang Baru Mancanegara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar