Hukum Shalat Jumat bagi Wanita

Hukum shalat jumat bagi wanita adalah tidak wajib untuk dilakukan berjamaah bersama di masjid sebagaimana kaum pria. Pendapat ini bukanlah pendapat pribadi melainkan pendapat dari kebanyakan ulama berdasarkan kepada dalil yang sudah ada.

Shalat Jumat

Loading...

Shalat jumat adalah shalat yang dilakukan di waktu dzuhur dan wajib dikerjakan oleh setiap pria yang beragama Islam. Tidak hanya dilakukan di waktu dzuhur, tetapi juga dilakukan ketika hari jumat saja. Sesuai dengan namanya, selain hari jumat maka tidak ada shalat jumat.

Meskipun pria diwajibkan untuk melakukan shalat jumat tetapi tidak semua pria mendapatkan perintah wajib ini. Ada beberapa golongan pria yang tidak diwajibkan untuk mengikuti shalat jumat berjamaah di dalam masjib sebagaimana umumnya.

Beberapa golongan pria yang mendapatkan pengecualian tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Orang sakit
  2. Hamba sahaya
  3. Musafir

Hal ini sesuai dengan hadist yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dan diriwayatkan oleh Bukhari bahwasannya shalat jumat itu wajib untuk dilaksanakan oleh kaum muslim kecual 4 orang yakni orang sakit, hamba sahaya, musafir, dan wanita. Jika ada pria termasuk salah satunya maka gugur kewajibannya melakukan shalat jumat.

Shalat Jumat bagi Wanita

Perintah shalat jumat ada di al Qur’an pada surat Jumuah ayat ke 9. Dalam ayat al Qur’an tersebut digunakan kata “hai orang-orang beriman” yang berarti kewajiban shalat jumat adalah bagi seluruh kaum muslimin baik bagi laki-laki maupun wanita.

Hal ini disebabkan di dalam ayat tersebut tidak menggunakan kata yang mengkhususkan kepada pria saja. Oleh karena itu, bagi yang kurang paham betul akan mengatakan bahwa shalat jumat wajib bagi semuanya baik pria maupun wanita.

Namun hal ini kemudian dijelaskan lagi atau diperinci dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari bahwasanya ada empat golongan muslim yang tidak wajib mengikuti shalat jumat yakni musafir, hamba sahaya, orang sakit, dan wanita. Jadi wanita tidak wajib mengikuti shalat jumat.

Namun tidak melarang juga bagi wanita yang hendak melaksanakan shalat jumat. Bagi wanita yang tidak melaksanakan shalat jumat maka menggantinya dengan shalat dzuhur. Hal ini juga sesuai dengan hadist berikut.

Jadi sekarang sudah jelas mengenai hukum shalat jumat bagi wanita dan pengganti shalat jumat bagi orang yang tidak melaksanakannya. Semoga Allah melapangkan pikir dan dada kita agar mudah menerima ilmu.

Loading...
Selanjutnya : Pantun Lelucon Jowo
Sebelumnya: Mengetahui Ciri Tanah Vulkanik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar