Huruf Katakana Dan Artinya


Penggunaa huruf katakana agak berbeda dengan huruf hiragana. Jika huruf hiragana digunakan untuk menuliskan kata yang berasal dari bahasa Jepang itu sendiri, maka huruf katakana dipakai untuk menulis kata yang berasal dari luar Jepang atau yang dinamakan dengan kata asing. Kata asing ini kemudian diserap ke dalam bahasa Jepang itu sendiri. Huruf katakana dan artinya dapat kita pelajari dengan mudah.

Contoh penggunaan huruf katakana dalam penulisan sebuah kata asing atau serapan adalah penulisan kata televisi. Kata televisi ini ditulis dengan menggunakan huruf katakana menjadi ‘terebi’. Penggunaan lainnya dari huruf katakana ini adalah untuk menulis sebuah nama negara, nama dari tempat asing, nama pribadi asing dan juga nama perusahaan. Selain itu, nama hewan dan juga tumbuhan beserta dari spesiesnya ditulis dengan menggunakan huruf katakana.

Jumlah huruf katakana yang ada saat ini berjumlah 46 kata. Kata tersebut adalah a, i, u, e, o, ka, ki, ku, ke, ko, sa, chi, su, se, so, ta, chi, tsu, te, to, na, ni, nu, ne, no, ha, hi, fu, he, ho, ma, mi, mu, me, mo, ya, yu, yo, ra, ri, ru, re, ro, wa, wo, n.

Jika ditanya mengenai apa arti dari huruf katakana tersebut maka setiap huruf tersebut tidak memiliki arti tertentu atau mengandung makna yang tersimpan. Karena memang setiap huruf katakana ini layaknya semua huruf yang ada di dalam penulisan bahasa Indonesia yaitu huruf Latin.

Jadi, memang huruf katakana ini layaknya semua huruf yang ada di dalam huruf yang lain. hanya saja, yang membedakan adalah bagaimana penggunaan dari huruf tersebut. Dan di dalam penulisan dengan menggunakan huruf katakana ini terdapat aturan dalam penulisannya. Hal ini untuk menentukan kapan menggunakan huruf katakana dan dua jenis huruf yang lain yaitu huruf hiragana dan huruf kanji.

Itulah bagaimana penjelasan huruf katakana dan artinya yang sejatinya tidak banyak mengandung arti khusus. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam mempelajari huruf dari Jepang ini.

Selanjutnya : Manfaat Minum Teh Tawar
Sebelumnya: Sahabat Nabi yang Pertama Kali Hijrah adalah Abu Bakar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar