Hutan Bakau Berguna untuk Menjaga Keseimbangan Alam

Hutan bakau berguna untuk tempat ekosistem hewan yang terletak di daerah pantai ataupun daerah berair payau. Tanaman bakau yang tumbuh rapat menjadi tempat berlindung, bersarang dan berkembangbiak hewan – hewan. Tak hanya itu masih banyak kegunaan lain dari hutan bakau yang kini mulai dikembangkan di beberapa wilayah pantai.
Bakau sendiri merupakan sejenis pohon yang tumbuh di daerah perairan dangkal dekat laut. Hutan bakau biasa tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tak hanya untuk sebagai hutan saja, kawasan ini memiliki berbagai fungsi seperti pelindung pantai dan terjangan gelombang secara langsung. Pohon bakau yang tumbuh rapat dengan akar yang kuat cocok untuk penahan abrasi pantai. Tak hanya gelombang laut, hutan bakau juga dimanfaatkan untuk menahan angin laut yang terbilang kencang.

Hutan Bakau Indonesia

Loading...

Indonesia memiliki luas hutan bakau sebesar 2,5 hingga 4,5 juta hektar. Hutan bakau di Indonesia sendiri mendapat gelas sebagai hutan bakau terbaik didunia karena memiliki bentuk pohon yang tinggi dan kokoh. Pohon bakau yang tinggi di hutan bakau berguna untuk penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen.

Pohon bakau yang tinggi juga sering dimanfaatkan oleh burung untuk bersarang sementara bagian akarnya untuk kawasan pemijahan biota laut dan darat. Akar-akar dari pohon bakau pun berfungsi untuk menyaring air asin menjadi air tawar.

Selain bermanfaat untuk alam, kini hutan bakau juga mulai dimanfaatkan untuk ekonomi dan wisata. Hutan bakau muali dilirik kaum industri untuk diambil kayu dan akar pohon bakau. Batang pohon bakau dimanfaatkan sebagai tekstil dan perabot rumah tangga. Beberapa nelayan juga mulai memanfaatkan hutan bakau untuk mencari atau berbudi daya kerang, kepiting, kerang di seputar kawasan hutan bakau.

Hutan Bakau sebagai Tempat Wisata

Dari segi manfaat wisata, hutan bakau di Indonesia sangat cocok dikembangkan untuk tempat wisata. Udara yang sejuk di hutan bakau sangat nyaman untuk manusia. Selain itu, banyaknya hewan atau tumbuhan yang tinggal di hutan bakau bisa dimanfaatkan untuk wisata pendidikan. Di Indonesia sendiri mulai menjamur tempat wisata yang menghadirkan pesona hutan bakau sebagai nilai jualnya.

Saat ini, hutan bakau masih dalam tahap memprihatinkan karena luas kawasannya terus berkurang tiap harinya. Padahal hutan bakau berguna untuk alam terutama menahan meningkatnya pemanasan global dan menyelamatkan pulau atau daratan dari abrasi. Sudah sapatutnya, hutan bakau terus dikembangkan agar kegunaannya dapat dimanfaatkan dan dirasakan generasi masa depan.

Loading...
Selanjutnya : Inilah Empat Jenis Makanan yang Membuat Hidup Sehat!
Sebelumnya: Mengenal Jenis Masker dan Manfaatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar