Hutan Indonesia Sebagai Paru-paru Dunia


Hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia adalah sebuah perkataan yang memang begitu nyata. Sebagai negara yang berada di kawasan tropis, Indonesia memiliki kawasan hutan yang begitu luas, bahkan sampai dikatakan sebagai pemilik hutan paling luas kedua setelah hutan yang dimiliki oleh negara Brazil yang ada di Amerika Selatan.

Manfaat Pohon

Keberadaan hutan memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan dan peradaban manusia di dunia. Salah satunya adalah sebagai paru-paru dunia. Hal ini dapat terjadi karena aktivitas pepohonan yang ada di dalamnya sebagai komponen utama yang ada di dalam hutan.

Keberadaan pohon yang ada di dalam hutan adalah tanaman yang memiliki ketinggian cukup dan memiliki masa hidup yang cukup lama dibandingkan dengan tanaman yang lain. Dengan ketinggian dan masa hidupnya inilah yang akan membuat fungsi pohon sebagai paru-paru dunia.

Proses Fotosintesis

Hal ini berkaitan dengan proses yang terus-menerus dilakukan oleh pohon dalam hidupnya yaitu fotosintesis. Dalam proses fotosintesis ini, pohon akan menyerap karbondioksida yang ada di dalam udara karena karbondioksida termasuk ke dalam golongan zat udara yang tidak baik.

Kemampuan pohon dalam menyerap zat karbon ini amatlah tinggi. Ada satu penelitian yang mengatakan bahwa sebuah pohon dalam satu masa kehidupannya akan memiliki tingkat kemampuan dalam menyerap karbon sebanyak 7.500 gram zat karbon. Tentu, dengan semakin banyak jumlah pohon yang ada di dalam hutan, maka akan semakin tinggi pula kemampuan menyerap karbon ini.

Di sisi lain, dalam proses fotosintentis, pohon akan menghasilkan zat oksigen karena oksigen adalah zat udara yang dibutuhkan di dalam proses pernapasan manusia. Oksigen akan terus diproduksi secara gratis oleh pohon.

Dengan proses ini, ibarat kumpulan pohon yang ada di hutan telah melakukan penggantian akan keberadaan zat yang ada di udara. Zat karbon yang merupakan zat berbahaya dan sisa hasil pernapasan manusia diganti dengan zat oksigen yang merupakan zat yang paling dibutuhkan. Ibaratnya adalah yang buruk diganti dengan yang baik. Itulah gambaran mengenai hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia.

Selanjutnya : Cara Cara Memainkan Piano
Sebelumnya: Obat Menghilangkan Gusi Bengkak Secara Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar