Ibadah Agama Budha


Ritual ibadah agama Budha adalah puja. Puja merupakan bagian dasar dari ritual agama Budha. Puja sendiri merupakan sebuah dasar dalam ajaran Budha karena mengajarkan umat Budha bagaimana cara beribadah yang baik dan benar.Penggunaan kata puja memiliki arti untuk menghormat ataupun memuja.

Agama Budha

Puja dilakukan dengan tujuan untuk mengingat dan menguatkan iman dari para pemeluk Budha akan janji kepada tiratana yakni Budha, Dhamma, dan Sanga. Bagi sebagian orang, puja adalah tidak mengandung faedah atau manfaat sama sekali. Hal ini tentunya merupakan sebuah pemandangan yang keliru karena di dunia ini tidaklah ada sesuatu yang tiada manfaatnya bahkan rumput yang kita injak pun tetap memberikan manfaat bagi hewan ternak.

Pandangan yang kurang benar ini berasal dari sebuah pengertian bahwa dalam Budha tidak diakui adanya makhluk agung atau dewa agung yang kepadanya kita harus memohon dan meminta. Pemikiran yang seperti ini kuranglah tepat sasaran alias tidak benar.

Ritual puja dalam agama Budha memang terkadang akan terasa ganjil jika dikaitkan dengan kejadian alam ghaib atau mistis. Namun upacara yang diadakan oleh ummat Budha tidaklah bertujuan seperti itu. Ada sebuah tujuan yang lebih mulia daripada itu semua.

Jika kita melaksanakan puja dengan sungguh-sungguh maka akan terasa dalam hati tentang keyakinan dan penguatan iman kita kepada Budha. Hal inilah yang seharusnya ditanamkan dalam hati ketika melaksanakan acara puja.

Ibadah yang dilakukan yakni puja alangkah baiknya jika dilakukan di depan meja sembahyang. Meja sembahyang sendiri tidaklah harus selalu terletak di vihara tetapi juga bisa berada di rumah masing-masing.

Namun, patut untuk diketahui bahwa meja sembahyang tidaklah sama dengan altar. Kebanyakan orang salah mempersepsikan altar dengan meja sembahyang. Padahal altar adalah tempat untuk menaruh korban dan meja sembahyang adalah tempat untuk sembahyang.

Saat melakukan puja kita bisa meletakkan patung Budha di atas meja sembahyang. Meja sembahyang juga hendaknya dijaga kondisinya untuk selalu bersih dengan cara dilap setiap hari. Dengan demikian, meja sembahyang akan selalu bersih dan rapi.

Hal ini sama dengan hati kita. jika kita rajin melakukan puja maka hati akan bersih dan indah. Demikianlah ibadah agama Budha yang dilakukan untu menguatkan iman dan memperoleh ketenangan batin.

Selanjutnya : Ciri-ciri Penyakit Kista Penting Diketahui
Sebelumnya: Cara Mengupdate Antivirus Avira Secara Gratis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar