Budidaya Ikan Belut (Fluta Alba)

Ikan belut (Fluta Alba) merupakan jenis hewan hemaprodit yaitu jenis hewan yang mempunyai dua jenis kelamin yaitu kelamin jantan dan kelamin betina. Ikan belut ketika usianya masih muda mempunyai jenis kelamin betina dan ketika usianya sudah tua akan mempunyai kelamin jantan.

Belut merupakan predator ganas yang hidup di lingkungan sawah dan rawa. Makanan belut adalah ikan kecil, cacing dan krustasea. Belut sangat aktif ketika di malam hari. Belut dapat dijadikan sebagai indikator adanya pencemaran lingkungan karena belut mempunyai sifat mudah beradaptasi. Apabila kehidupan belut tidak ada berarti suatu lingkungan telah terjadi pencemaran yang parah.

Ternak Belut

Media beternak belut dapat dilakukan di kolam atau drum. Belut akan mudah tumbuh menjadi besar apabila ia hidup di dalam media yang cocok. Media yang baik untuk beternak belut adalah lumpur kering, kompos, jerami, pupuk TSP dan mikroorganisme stater. Bagian dasar dari kolam atau drum dilapisi jerami dengan ketebalan 50 cm kemudian disiramkan 1 liter mikroorganisme stater. Urutan berikutnya yaitu kompos setinggi 5 cm, dan lumpur kering setinggi 25 cm yang telah dicampur 5 kg pupuk TSP. Air diberikan hingga ketinggian 15 cm dari media teratas dan ditanami enceng gondok sebagai tempat persembunyian belut.

Media yang ditanam di kolam dan drum ini didiamkan terlebih dahulu selama 2 minggu agar terjadi fermentasi. Media yang telah terfermentasi akan memberikan sumber pakan tambahan untuk keperluan beternak belut. Pakan tambahan yang akan muncul yaitu jentik nyamuk, zooplankton, cacing dan jasad-jasad renik.

Pakan yang diberikan untuk menunjang budidaya belut adalah pakan yang masih segar dan masih hidup. Pakan yang baik untuk belut yaitu ikan cetol, ikan impun, bibit ikan mas, cacing tanah, belatung dan bekicot. Pakan dapat diberikan minimal satu hari sekali di atas jam 5 sore. Untuk menambah nafsu makannya dapat diberikan tumbukan temulawak.

Kualitas air untuk beternak belut harus diperhatikan karena belut hanya dapat hidup di air yang mempunyai kadar PH 5-7. Karena itu Ph air harus selalu diukur dan jika diperlukan dapat diberikan penetralisir.

Permintaan pasar akan ketersediaan dari ikan belut (Fluta Alba) sangat tinggi karena belut sangat digemari untuk dikonsumsi. Daging belut mempunyai rasa yang gurih dan memiliki kandungan gizi yang lengkap.

 

Selanjutnya : Peraturan Futsal yang Baru Semakin Diketatkan
Sebelumnya: Perburuk Hubungan Komunikasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...