Ikan Mas Konsumsi Warna Merah, Lezat

Mau menikamati ikan mas konsumsi warna merah, kah? Hei, ikan lovers, sudahkan anda mencoba ikan mas yang satu ini? Ikan yang berwarna merah kerap kali diburu oleh penyuka ikan, hmm yummy. Pastinya nada juga tahu kan?
Tapi apakah anda yakin mampu memelihara dan mengolahnya sendiri? Nah, setidaknya anda dapat menikmati rasanya mengolah sendiri dan banyak tahu dari informasi berikut ini.

Varietas Unggul Nasional

Ikan mas adalah salah satu ikan yang sangat dinanti oleh banyak orang, tidak hanya karena dagingnya yang lezat namun ikan mas juga kerap dijadikan sebagai ikan hias. Tentunya ikan ini memiliki jenis yang berbeda- beda. Ada ikan mas sinyonya, ikan mas punten, ikan mas Taiwan, majalaya, yamato dll.

Semuanya memiliki perbedaan satu sama lain. Namun ikan mas konsumsi warna merah memiliki karakteristik yang jauh berbeda dari kerabat ikan mas yang lainnya. Selain warnanya yang merah menyala ternyata ikan mas ini juga memiliki ketahanan dari penyakit serta secara fisikli lebih panjang dan besar.

Pemerintah kota DIY beberapa waktu lalu akhirnya memutuskan untuk mengajukan ikan mas merah menjadi salah satu bibit unggul yang berstandar nasional. Hal ini tentunya bukan tidak beralasan, ikan mas ini juga telah melewati beberapa pengujian kepantasan.

Seperti kondisi ikan yang jauh lebih memungkinkan untuk menjadi bibit unggul, ukurannya yang jauh lebih memungkinkan untukpara pemanen ikan, dari segi pertumbuhan dan reproduksi pun ikan ini lebih mengungguli ikan mas yang lainya.

Olahan Lezat

Bedaging tebal serta panjang ikan mas berwana merah kerap kali menjadi pilihan, dan tentunya harganya juga luamayan untuk perkilogramnya. Boleh dikatakan hampir seluruh daerah memiliki resep unggul dalam pengolahan ikan mas. Dari sabang sampai merauke punya cara sendiri untuk mengolah ikan yang satu ini.

Sebut saja Medan, kota yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara ini memang sejak dulu sudah dikenal dengan olahan ikan masnya. Mulai dari ikan mas arsik yang dijadikan sebagai salah satu sajian yang memiliki makna religius, adat dan berbagai nilai tradisi leluhur.

Sementara di daerah jawa kerap kali ikan mas dibumbu acar, ikan bakar dan sering dibuat menjadi pepes ikan mas. Olahan ini pun semakin terasa nikamat karena kaya rempah yang berasal dari negeri ini.

Resep Olahan Ikan Mas Merah

Ikan mas merah dapat diolah menjadi beraneka ragam makasakan. Di antaranya asam pedes ikan mas merah. Bahan; cabe rawit, sereh yang dimemarkan, jeruk purut,asam kandis, air, garam, ikan mas, tomat. Bumbu: bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah, jahe sedikit.

Cara membuat: tumis bumbu yang telah halus, sereh, daun jeruk hingga harum.setelah itu tambahkan asam kandis ,air dan garam tunggu hingga mendidih. Masukkan ikan, hingga matang. Masukan tomat, dan cabe rawit utuh, lalu angkat. Jika ingin lebih gurih tambahkan gula. Cukup simpelkan membuat olahan ikan mas konsumsi warna merah?

Loading...
Selanjutnya : Empat Fakta Kejadian Krakatau 1883
Sebelumnya: Ciri-ciri Alergi Pernafasan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar