Iklim Cuaca di Seluruh Dunia

Iklim cuaca di seluruh dunia memiliki klasifikasi yang berbeda-beda. Ada iklim yang sangat dingin, sangat panas, hinga yang memiliki dua iklim utama seperti hujan dan kemarau yang dimiliki oleh negara tropis seperti Indonesia.

Iklim dan Cuaca

Iklim cuaca pada seluruh dunia memiliki kaitan yang sangat erat. Cuaca seringkali berubah dalam waktu singkat. Sebentar mendung dan hujan, kemudian sebentar lagi cuaca akan sangat panas terik. Hal ini lebih dipengaruhi oleh factor-faktor sederhana seperti temperatur dan kelembaban.

Perubahan cuaca tersebut, dalam rata-rata yang dihitung menggunakan suatu kurun waktu, akan menjelaskan bentuk-bentuk ekstrim perubahan iklim. Hal ini lebih dipengaruhi oleh aspek lebih luas dan juga lama seperti perubahan orbit bumi maupun samudra.

Menentukan Jenis Iklim

Secara luas, keadaan iklim memang dapat mempengaruhi keadaan cuaca. Pengaruh tersebut juga berlangsung dalam satu periode panjang. Hal tersebut menjadi bidang penelitian para ahli klimatologi pada jaman dulu. Mereka mencoba melakukan pengklasifikasian terhadap suatu iklim dengan mengelompokannya.

Iklim cuaca di seluruh dunia dapat dikelompokkan dari keadaan lingkungan di sekitar iklim tersebut berlaku. Misalnya saja di Jakarta sering hujan, maka di daerah tersebut bisa diambil sample mengenai jenis tanahnya. Sehingga dapat terlihat jenis iklim di Jakarta.

Bukan hanya jenis tanahnya yang berlaku untuk menentukan jenis iklim, melainkan juga bentuk vegetasi dan banyaknya curah hujan pada suatu tempat. Akibat tinggi rendahnya curah hujan, suhu pun ikut berpengatuh dalam menentukan jenis iklim.

Coba bayangkan, jenis iklim di daerah Bandung tentu berbeda dengan jenis iklim di Cirebon. Dilihat dari suhunya, daerah Bandung terletak di wilayah pegunungan dengan suhu yang relative sejuk. Sedangkan Cirebon terletah di daerah pesisir pantai dengan suhu yang relatif panas. Sehingga iklim dan curah hujannya pun pasti berbeda.

Jenis Iklim Cuaca di Dunia

Perbedaan iklim cuaca serta berbagai perubahannya menjelaskan banyak hal bagi bidang klimatologi. BAhwa jenis iklim cuaca di seluruh dunia memiliki perbedaan tersendiri bergantung tempat dan kemungkinannya.
Jenis Iklim cuaca di seluruh dunia memiliki klasifikasi umum. Pengelompokkannya didasarkan pada perbedaan keadaan lingkungan serta tekstur dan klasifkai alam sebagai berikut:

  • Iklim cuaca kering,
  • Iklim cuaca sedang,
  • Iklim cuaca dingin,
  • Iklim cuaca kutub, dan
  • Iklim cuaca tropis.

Untuk menghindari Iklim cuaca di seluruh dunia terus berubah secara ekstrim, maka diperlukan kesadaran serta kontribusi masyarakay di seluruh dunia untuk menjaga kesehatan bumi.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Ceramah Agama tentang Dendam
Sebelumnya: Hukum Bernoulli Menjelaskan Tentang Apa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar