Prakiraan Iklim Indonesia

Indonesia yang dilalui oleh garis ekuator membuat negara kita mengalami iklim tropis dan mengenal adanya dua musim yaitu penghujan dan kemarau. Akan tetapi belakangan ini akibat adanya anomali cuaca iklim yang sedang dialami oleh Indonesia susah untuk diperkirakan. Iklim mempunyai pengertian sebagai kondisi rata-rata cuaca yang ditentukan atas panjangnya waktu untuk suatu tempat di bumi. Cuaca dan iklim mempunyai saling keterkaitan dan pengaruh satu sama lain. Iklim di Indonesia memiliki ciri berupa marine, mosun dan tropis yang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti derajat suhu udara, kelembaban udara, intensitas curah hujan, tekanan udara dan angin.

Macam-Macam Iklim yang Dialami Indonesia

Iklim Marine atau lebih dikenal dengan iklim laut. Sebagai negara kepulauan iklim sangat dipengaruhi oleh letak geografisnya. Seperti di Jawa bagian pantai utara sering mengalami curah hujan yang tinggi sedangkan di jawa bagian selatan intensitas hujan sedang. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi lokal seperti pengaruh angin darat dan laut.

Iklim Muson atau dikenal dengan iklim musim sangat bergantung pada perubahan musim yang terjadi dibeberapa tempat. Periode perubahan iklim muson karena adanya angin barat daya dan angin timur laut yang menimbulkan muson trough. Di Indonesia iklim muson ada dua jenis angin yaitu angin musim barat daya, angin ini bersifat basah dan pengaruh angin musim barat daya Indonesia akan mengalami musim penghujan. Sedangkan angin musim timur laut mempunyai sifat kering dan Indonesia akan mengalami musim penghujan.

Ketiga adalah iklim tropis dimana rata-rata dialami oleh negara-negara tropis. Dimana suhu udara lebih tinggi biasanya lebih dari 18°C atau amplitudo harian kecil. Hal ini mengakibatkan Indonesia mengalami hujan dengan intensitas yang tinggi, kondisi ini biasa disebut dengan hujan naik tropika.

Wilayah Indonesia yang diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia merupakan negara kepulauan yang terdapat banyak selat dan teluk. Iklim di Indonesia dipengaruhi beberapa hal:

  • El nino dan La nina
  • Inter tropical Convergence Zone (ITCZ) suatu daerah pertemuan angin antar tropis
  • Dipole Mode, perbedaan anomali suhu permukaan laut
  • Adanya sirkulasi Mosun Asia-Australia

 

Iklim di Indonesia memiliki ciri berupa beberapa hal tersebut berakibat pada banyak hal, antara lain pertanian, transportasi, penerbangan, dan lain sebaginya.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Sistem Suspensi Sepeda Motor
Sebelumnya: Mengupas 10 tanaman Dikotil dan Monokotil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar