Mengenal Iklim Sedang dan Iklim Tropika


Iklim dapat dibedakan menjadi dua macam berdasarkan letak garis lintang dan ketinggian suatu wilayah di permukaan bumi, yaitu iklim matahari dan iklim fisis. Iklim matahari adalah iklim yang didasarkan pada intensitas atau sedikit-banyaknya sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi. Iklim matahari dibagi menjadi empat, dua di antaranya adalah iklim sedang dan iklim tropika. Sementara itu, dua bagian iklim matahari yang lain adalah iklim subtropika dan iklim dingin.

Iklim Sedang

Daerah yang memiliki iklim sedang adalah daerah yang berada 40˚ LU/LS hingga 66,5˚ LU/LS. Ciri-ciri iklim sedang, antara lain sebagai berikut:

a.  Tekanan udara dan arah angin sering berubah-ubah tidak menentu sehingga kerap terjadi badai secara tiba-tiba.

b.  Amplitudo suhu tahunan lebih besar dibandingkan amplitudo suhu tahunan pada daerah beriklim tropis.

c.  Amplitudo suhu harian lebih kecil amplitudo suhu tahunan pada daerah beriklim tropis.

d.  Pada musim panas, periode siang hari berlangsung antara 15 hingga 16 jam. Sementara itu, pada musim dingin  siang hari hanya terjadi selama 8 hingga 9 jam.

Contoh negara beriklim sedang adalah negara-negara di Eropa, antara lain Jerman, Inggris, Kanada, Italia, Belanda, Polandia, Prancis, Swiss, Irlandia, Austria

Iklim Tropika

Daerah beriklim tropika atau tropis terletak antara 0°–231/2° LU/LS. Daerah beriklim tropika hampir meliputi 40% dari permukaan bumi. Ciri-ciri dari iklim tropika, antara lain sebagai berikut:

a.  Suhu udara rata-rata berkisar antara 20 hingga 23°C. Di beberapa tempat, bahkan rata-rata suhu tahunannya mencapai 30°C. Suhu rata-rata yang tinggi disebabkan oleh matahari selalu vertikal.

b.  Panjang hari, suhu, dan musim relatif konstan sepanjang tahun.

c.  Amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil ( di khatulistiwa 1– 5°C).

d.  Ampitudo hariannya lebih besar.

e.  Tekanan udaranya rendah dan perubahannya terjadi secara beraturan serta perlahan.

f.  Banyak hujan, lebih banyak dibandingkan wilayah-wilayah lain di dunia.
Contoh negara-negara beriklim tropika/tropis, antara lain Indonesia, Singapura, Thailand, Meksiko, Kolombo, Ekuador, Guyana, Suriname, Argentina, Paraguay, Brasil, Bolivia, India, dan masih banyak lagi.

Itulah gambaran umum mengenai iklim sedang dan iklim tropika.

Selanjutnya : Detektif Conan: Kisah Tentang Sinichi dan Ran Mouri
Sebelumnya: Khasiat Madu untuk Diet dan Penurunan Berat Badan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar