Ilmu Akuntansi Keuangan Dasar

Ilmu akuntansi keuangan adalah ilmu yang berhubungan dengan keuangan yang ada di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan menggunakan ilmu akuntansi ini maka akan dapat diperlihatkan mengenai kondisi keuangan dari perusahaan tersebut dan inilah yang akan dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan tertentu yang tentunya berhubungan dengan keadaan dari perusahan tersebut.

Yang banyak dilakukan di dalam ilmu akuntansi adalah kegiatan menghitung. Inilah yang kemudian memberikan kesan pada orang yang tak memiliki begitu banyak ketertarikan di dalam hal menghitung menganggap bahwa ilmu akuntansi adalah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal ketika sudah mampu untuk memahami dasar dan konsep dari ilmu akuntansi itu sendiri sudah mampu untuk menerapkannya secara praktis.

Kegunaan Ilmu Akuntansi

Di dalam kegunaan ilmu akuntansi dalam sebuah organisasi atau perusahaan maka akan diperlihatkan bagaimana kondisi keuangan dari organisasi ini. Karena memang akan diperlihatkan apakah organisasi dalam keadaan yang banyak uang dengan banyak keuntungan.

Mungkin juga sebaliknya yang berada di dalam keadaan mengalami rugi. Dengan ini maka akan dijadikan sebagai acuan dalam menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Misalnya jika perusahaan di dalam keadaan yang untung maka ilmu akuntansi akan menentukan apa yang akan dilakukan. Contohnya adalah melakukan pelebaran sayap akan perusahaan yang telah ada dengan membuka anak cabang perusahaan baru.

Namun, ketika perusahaan di dalam keadaan yang rugi maka ilmu akuntansi akan dipakai untuk mempelajari segala penyebab dari kerugian yang telah terjadi. Agar kerugian ini tak akan terulang dan hanya menyebabkan perusahaan mengalami kebangkrutan.

Penerapan ilmu akuntansi ini terjadi di dalam pembuatan beberapa laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan kas masuk, laporan perubahan modal dan beberapa jenis laporan yang lain. Laporan ini dibutuhkan oleh beberapa pihak misalnya adalah pihak internal seperti manajer atau pemilik perusahaan.

Dan juga pihak eksternal seperti para investor yang akan menanamkan modalnya di perusahaan tersebut ataupun juga bagi pemegang saham untuk mengetahui posisi dan kedudukan dari perusahaan tersebut.Itulah beberapa hal yang ada di dalam ilmu akuntansi keuangan dasar yang dapat dipelajari secara perlahan.

Selanjutnya : Jenis-Jenis Anjing yang Paling Berbahaya
Sebelumnya: Umur Kelahiran Normal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...