Antara Ilmu Pengetahuan Populer dan Karya Ilmiah


Dari berbagai rujukan dapat diketahui bahwa ilmu pengetahuan populer adalah suatu hasil kajian atau pengetahuan umum yang disampaikan dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh semua kalangan masyarakat. Jadi, sebenarnya ilmu pengetahuan populer tetap mengandung kaidah-kaidah ilmiah, hanya saja ketika memublikasikannya menggunakan bahasa yang dimengerti.

Ilmu Pengetahuan dan Karya Ilmiah

Karya ilmiah populer dalam hal penyampaiannya menggunakan bahasa yang dimengerti oleh masyarakat awam. Namun isi yang disampaikan adalah suatu karya ilmiah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud ilmiah adalah suatu hal yang memenuhi syarat atau kaidah ilmu pengetahuan. Tak beda dengan pengetahuan populer, karya ilmiah populer pun lebih merujuk kepada hasil tulisan berbentuk artikel.

Selain masalah menggunakan bahasa yang dimengerti oleh masyarakat awam,materi yang disajikan juga merupakan materi yang akrab dengan kehidupan masyarakat dan menyenangkan untuk diketahui. Kalaupun dengan sangat terpaksa dalam pengetahuan populer dan karya ilmiah populer itu diharuskan menggunakan istilah teknis yang sangat terbatas diketahui oleh masyarakat, akan lebih baik jika dijelaskan lebih lanjut rumus dan istilah teknis tersebut.

Pengetahuan populer dan karya ilmiah populer, yang disampaikan dengan bahasa populer atau bahasa yang dipahami oleh masyarakat umum, menurut Soeseno, pada dasarnya hanya ada tiga bentuk yang selama ini tersebar luas di masyarakat. Pertama adalah sekumpulan fakta dalam bentuk bacaan deskriptif, yang dimaksudkan untuk menambah pengetahuan umum masyarakat atau pembaca.

Kedua, adalah masih dalam bentuk bacaan deskriptif, namun sedikit telah ditambahkan informasi yang lebih detail seperti tentang asal muasal penemuan, riwayat penemu, jalannya penemuan tersebut sehingga menjadi seperti hasil akhir.

Dan yang ketiga adalah merupakan pengembangan dari model yang kedua, sehingga masyarakat umum bisa mengetahui dengan jelas kenapa hal itu terjadi, kenapa hal itu dipelajari, bagaimana jalan penelitian, dan seperti apa seorang peneliti melakukannya sampai bisa menyimpulkan dan diterima secara ilmiah.

Tips Artikel Ilmu Pengetahuan Populer

Menulis artikel ilmu pengetahuan populer maupun artikel karya ilmiah populer, sekarang ini merupakan kewajiban tidak saja bagi peneliti, melainkan juga bagi para pendidik baik di sekolah dasar, menengah maupun sekolah lanjutan. Ada beberapa hal penting ketika Anda ingin menulis artikel pengetahuan populer atau karya ilmiah populer.

Hal penting yang dimaksud, yaitu memilih judul yang menarik, materi sesuai dengan ketertarikan pembaca, memberikan pencerahan. Selain itu, juga menyederhanakan konsep ilmiah dan menggunakan kalimat yang pendek.

Selanjutnya : Ilustrasi Permainan Barbie
Sebelumnya: Bagian-bagian Jantung Manusia dan Fungsinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar