Mengetahui Hal-hal dan Ilmu yang Harus Dikuasai Seorang Arsitek


Membangun rumah layak huni yang unik, serta di sebuah kompleks perumahan yang ternama, mungkin menjadi impian setiap orang. Lantas, bagaimana jika kompleks perumahaan tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak karya Anda sebagai seorang arsitek? Itu pasti sangat membanggakan. Namun, ada hal-hal dan ilmu yang harus dikuasai seorang arsitek sebelum karyanya diakui oleh dunia.

Apa Itu Profesi Arsitek?

Seorang yang disebut arsitek adalah mereka yang mendalami atau mempelajari ilmu arsitektur. Ilmu arsitektur sudah sejak dahulu kala, saat manusia sudah mulai mampu membangun sebuah peradaban. Bahkan, dipercaya ilmu arsitektur telah ada sebelum Vitruvirus lahir dan dinyatakan sebagai arsitek ternama di Kota Roma.

Setiap daerah dan negara memiliki keunikan tersendiri dalam hal membangun peradaban mereka masing-masing. Dibuktikan dengan banyaknya rumah adat yang ada di Indonesia. Pendidikan profesi ini, kerapkali disatukan dengan ilmu seni rupa. Ini lantaran, menjadi seorang arsitek juga harus mampu untuk membuat sketsa bangunan yang ingin dibangun.

Keberadaan arsitektur menjadi sangat penting di era modern seperti sekarang ini. Berbagai cara tengah dilakukan pemerintah untuk membangun hunian yang asri dan tenang, serta menjadi salah satu solusi dalam mengurangi efek rumah kaca.

Oleh karena itu, seseorang yang bercita-cita menjadi seorang arsitek dianggap menjadi pilihan yang sangat elegan. Karena, seorang arsitek bukan hanya dituntut mampu membuat sebuah gambar hunian yang layak, namun juga mampu menerapkan cara-cara baru dalam membangun sebuah peradaban yang jauh lebih baik lagi. Seperti menerapkan sistem sanitasi yang baik dan ramah lingkungan, atau membuat hunian yang memiliki ruang terbuka hijau sehingga menjadi kompleks perumahan yang menjadi impian setiap orang.

Arsitek Harus Memiliki Kepedulian terhadap Lingkungan

Apa saja hal-hal dan ilmu yang harus dikuasi seorang arsitek menjadi begitu penting ketika seorang arsitek harus turun dan menjadi bagian dari sebuah masyarakat yang majemuk. Apalagi, jika mereka hidup di kota besar.

Pembangunan menjadi sangat utama dan dilakukan dalam waktu yang relatif cepat. Itulah prinsip pembangunan sebuah kota yang besar. Untuk mengimbangi semua itu, apa saja yang harus dimiliki oleh seorang arsitek?

1. Menguasai Berbagai Program Aplikasi

Seorang arsitek yang andal, haruslah memiliki kemampuan untuk menjalankan semua aplikasi yang mendukung profesinya sebagai arsitek, seperti AutoCAD, 3D Max, dan lainnya.

2. Arsitek Andal Harus Ramah Lingkungan

Pembangunan sebuah kota tidak harus selamanya mengandalkan kecepatan dalam proses pembangunannya. Tugas seorang arsitek bukan hanya merancang pembangunan sebuah kota, ia juga harus mampu mengetahui dampak dan akibat yang akan ditimbulkan ketika membangun perumahan.

Hunian ramah lingkungan menjadi nilai tambah bagi arsitek yang dapat mewujudkannya, di tengah pembangunan yang pesat di kota besar. Jadi hal-hal dan ilmu yang harus dikuasai seorang arsitek harus selalu seimbang untuk menyelamatkan alam.

Selanjutnya : 4 Hadiah yang Diberikan Saat Menghadiri Pesta Ulang Tahun Teman
Sebelumnya: Harga Tiket Kereta Ekonomi Jarak Jauh Menjadi Non Subsidi Pada 2014
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar