Ilustrasi Gambar dalam Puisi Menguatkan Makna


Ilustrasi gambar dalam puisi berperan untuk mengiringi serta menunjang interpretasi pesan dan kesan dari sebuah puisi. Dengan ilustrasi diupayakan untuk mampu memberikan imajinasi dari puisi. Dengan demikian makna dari puisi akan lebih dikuatkan.

Jadi, ilustrasi puisi turut mengemas keindahan puisi yang biasanya ditampilkan dalam media cetak. Ilustrasi puisi juga bisa dibentuk untuk mengungkap nilai estetik penyairnya. Ilustrasi pada karya sastra berupa puisi biasanya berbentuk realis, dekoratif, dan fantasi

Ilustrasi dalam Puisi

Secara umum, ilustrasi merupakan hasil dari visualisasi tulisan dengan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, atau gaya teknik seni rupa yang lain. Ilustrasi lebih ditekankan pada hubungan subjek dengan karya puisi. Tujuannya untuk menerangkan dan menghiasi suatu puisi. Dengan ilustrasi, diharapkan puisi akan lebih mudah untuk dicerna maknanya.

Oleh karena itu, ilustrasi puisi berfungsi untuk memberikan gambaran akan tema sebuah puisi, mengkomunikasikan tema dan makna dari karya puisi, serta menghubungkan karya puisi dengan kreativitas seni rupa yang mampu menerangkan gagasan yang akan disampaikan.

Sejarah ilustrasi di Indonesia diawali dengan adanya lukisan pada gua di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan serta di Papua. Ilustrasi yang berusia hampir 5000 tahun tersebut menggambarkan sebuah cap tangan yang berwarna merah terakota. Ditengarai,  ilustrasi itu dibuat guna memperingati peristiwa tertentu.

Selain itu, ada juga wayang beber pada hiburan tradisional di Jawa. Ilustrasi tersebut, menguraikan alur dari cerita Mahabarata serta Ramayana. Wayang beber dilukis secara artistik pada daun lontar.

Pada perkembangannya, di era Balai Pustaka tahun 1917, banyak bermunculan ilustrator Indonesia. Mereka bekerja di majalah Panji yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, seperti Abdul Salam, Kasidi, Ardisoma, Nasroen dan sebagainya.

Di Eropa, seniman saat menemui masa keemasannya dipengaruhi oleh kelompok Pre-Raphaelite serta gerakan-gerakan berorientasi desain, seperti Art Nouveau, Arts and Crafts Movement, dan Les Nabis. Contohnya Walter Crane, Aubrey Beardsley, Arthur Rackham, Edmund Dulac, dan Kay Nielsen.

Sekarang, ilustrasi kian berkembang dengan dukungan banyak software untuk membantu pembuatan ilustrasi. Sebut saja, Adobe Illustrator, Photoshop, CAD, dan CorelDraw. Namun ilustrasi yang dibuat langsung dengan tangan tidak juga terkalahkan. Karya ilustrasi ini tetap mempunyai nilai seni yang tinggi.

Demikian uraian singkat terkait dengan ilustrasi gambar dalam puisi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Makalah Tentang Musyrik dalam Islam
Sebelumnya: Kata-kata yang Menghibur Hati bagi Orang Patah Hati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar