Implementasi Konstitusi di Indonesia


Pernahkah kita membayangkan apabila Indonesia tidak memiliki Undang-Undang Dasar dan rakyatnya tidak mengenal Pancasila sebagai dasar negara? Dapat dipastikan Indonesia tidak akan di kenal sebagai negara. Idealnya, setiap negara harus memiliki Undang-Undang dan Dasar Negara yang memegang peranan penting untuk mengatur penyelenggaraan sebuah negara dan memiliki motivasi untuk meraih cita-cita kehidupan bernegara. Dasar Negara juga merupakan panduan untuk membentuk berdirinya suatu negara.

Di dalam Dasar Negara memuat konstitusi atau undang-undang secara formal untuk mengatur tata kehidupan bernegara  secara keseluruhan. Undang-Undang bukan sekedar teori semata tetapi harus dijalankan sepenuhnya secara nyata. Untuk mewujudkan semua itu maka perlu adanya implementasi konstitusi di Indonesia.

Sebelum kita mengetahui konstitusi atau Undang-Undang yang berlaku, ada baiknya juga kita mengetahui pengertian implementasi. Implementasi adalah penerapan, praktek atau pengamalan. Maka implementasi perundang-undangan merupakan penerapan atau pengamalan  Undang-Undang yang berlaku secara formal dan diperuntukkan bagi kehidupan bernegara . Dan implementasi konstitusi juga bertujuan untuk merekatkan persatuan dan kesatuan sebuah bangsa.

Konstitusi atau perundang-undangan di Indonesia adalah suatu sistem yang memuat politik dan hukum untuk membentuk dan menyelenggarakan kepemerintahan negara. Konstitusi secara formal dan sah pada umumnya  berbentuk sebuah dokumen tertulis yang memuat prinsip-prinsip dasar hukum dan politik yang meliputi struktur, wewenang, kewajiban, dan pertanggungjawaban pemerintah negara.  Pancasila dan Undang-undang Dasar 45 merupakan salah satu bentuk konstitusi negara Indonesia.

Konstitusi atau perundang-undangan di Indonesia memiliki fungsi, antara lain : untuk membatasi wewenang pemerintah, membagi kekuasaan pemerintah kedalam beberapa lembaga negara, menghubungkan antar lembaga-lembaga negara, membagi tugas dan wewenang lembaga negara, menjelaskan suatu hubungan antara pemerintah dengan masyarakat negara, menjamin hak-hak setiap warga negara tanpa terkecuali, sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kepemerintahan suatu negara.

Implementasi konstitusi di Indonesia telah mencakup beberapa nilai, yaitu peran dan kandungan dalam Pembukaan UUD    45, pelaksanaan kedaulatan negara, pembagian kekuasaan negara yang seimbang, hubungan antar lembaga-lembaga negara yang bersifat fungsional, ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam  UUD yang menjelaskan wewenang dari pemerintah, keberadaan dan kehidupan negara yang mencakup hubungan pemerintahan pusat serta daerah. Konstitusi Indonesia tidak hanya dijalankan oleh aparat pemerintahan tetapi juga semua elemen warga negara yang sadar akan pentingnya kehidupan bernegara yang baik.

Selanjutnya : Cara Membuat Esai Bahasa Indonesia dengan Baik
Sebelumnya: Sebutkan WUS dan PUS
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar