Indikator Adalah


Pengertian Indikator secara Umum

Menurut pengertian secara harfiah Indikator adalah penunjuk atau penanda. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan indikator sebagai sesuatu yang dapat memberikan petunjuk, dapat dijadikan keterangan penunjang tentang sesuatu hal lainnya. Dalam konteks bahasa tertentu indikator dapat disebut juga sebagai variable, misalnya indikator tingkat kemakmuran suatu bangsa diartikan sebagai variable, faktor-faktor penentu kemakmuran suatu bangsa. Tolak ukur sesuatu dijadikan sebagai indikator adalah berciri Spesifik, Measurable, Attainable, Reasonable dan Time, atau yang biasa disebut sebagai Smart.

Indikator dalam Kemajuan Sistem Belajar-Mengajar

Pendidikan merupakan faktor paling utama untuk membentuk generasi penerus bangsa. Untuk memantau apakah pendidikan telah berjalan sebagaimana yang diharapkan, diterapkan suatu Standar Kompetensi. Standar Kompetensi didefinisikan sebagai pernyataan tentang ketrampilan, pengetahuan dan sikap yang harus dimiliki dan dikuasai siswa dan peserta didik, titik penguasaan yang diharapkan dapat dicapai dengan cara mempelajari suatu mata pelajaran. Standar kompetensi dapat juga diartikan sebagai tingkat kemampuan seorang peserta didik untuk melakukan sebuah tugas dan kepercayaan. Penentuan standar kompetensi dapat dilakukan dengan menganalisanya menjadi beberapa kompetensi dasar.

Langkah-langkah dalam menyusun kompetensi dasar dapat dilakukan dengan cara menjabarkan kompetensi dasar yang dimaksud, serta merumuskan berdasarkan identifikasi indikator-indikatornya.

Dalam dunia belajar-mengajar yang dimaksud indikator adalah penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang dapat diukur dari perbubahan sikap, peningkatan keterampilan dan pengetahuan. Indikator dapat disesuaikan serta dikembangkan menurut karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, mata pelajaran dan potensi daerah dilakukannya proses belajar-mengajar.

Pengertian Indikator Dunia Pendidikan Menurut Beberapa Pihak.
Departemen agama mengartikan indikator sebagai wujud dari kompetensi dasar yang bersifat lebih spesifik. E Mulyasa, seorang pakar pendidikan mendefinisikan indikator sebagai hasil penjabaran dari kompetensi dasar yang menampakkan tanda berupa tindakan, perbuatan dan respon yang dilakukan peserta didik atau siswa. Indikator dunia pendidikan bersifat fleksibel karena dapat dikembangkan sesuai karakteristik satuan pendidikan dan potensi daerah. Menurut Darwin Syah yang disebut indikator pembelajaran adalah ciri-ciri, karakteristik, respon, tanda perilaku yang ditunjukkan siswa sebagai penanda kemampuan siswa atas kompetensi dasar tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa dalam dunia pendidikan, indikator adalah suatu penanda telah tercapainya penguasaan siswa sebagai hasil pembelajaran terhadap mata pelajaran dan suatu pokok bahasan tertentu. Dan dalam mengembangkannya perlu mempertimbangkan tuntutan kompetensi, potensi siswa dan karakteristik mata pelajaran. Salah satu bentuk indikator adalah indikator penilaian yang berguna dalam menulis soal dan menyusun kisi-kisi soal.

Selanjutnya : Menghindarkan Anak Dari Sifat Bandel Tendeng
Sebelumnya: Mengenal Buah yang Mengandung Goitrogen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar