Pandangan tentang Indonesia Dimata Negara-negara Barat


Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya dan tradisi. Semuanya termuat dalam tiap gugus kepulauan di dalamnya. Sebagai negara dengan kekayaan budaya maupun sumber daya alam yang melimpah, banyak turis mancanegara yang tertarik datang ke Indonesia. Lalu, bagaimana keadaan Indonesia di mata negara-negara barat?

Indonesia memang bukan negara maju dibandingkan Jepang dan Amerika. Meskipun demikian, ada banyak faktor yang membuat banyak orang luar tertarik untuk datang. Salah satu yang patut dibanggakan bangsa ini adalah peninggalan leluhur berupa candi Borobudur.

Candi ini satu-satunya di dunia, sehingga tidak jarang banyak pemeluk agama Budha yang rela jauh-jauh datang ke Borobudur untuk melihat pesona keindahannya. Beberapa waktu lalu, candi Borobudur memang pernah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Wisatawan pun semakin banyak berdatangan.

Bagi orang-orang yang ingin mempelajari kebudayaan suatu suku, Indonesia adalah tempat yang tepat untuk didatangi. Sebagai pemilik jumlah suku terbanyak di dunia, yaitu 740 suku, bukan sesuatu yang aneh lagi jika kekayaan Indonesia semakin berwarna. Faktor beragamnya suku juga berpengaruh terhadap keberagaman bahasa. Lebih dari lima ratus bahasa tersebar dari Sabang hingga Merauke. Meskipun demikian, sesuai dengan hasil sumpah pemuda tahun 1928 lalu, bahasa persatuan yang digunakan tetaplah bahasa Indonesia, sehingga komunikasi pun tetap dapat dijaga.

Selain kebudayaan di atas, hal yang membuat orang barat tertarik untuk mengunjungi Indonesia adalah kain batik. Kain berwarna dengan motif tergambar di atasnya mampu membuat mereka terpesona. Bagaimana tidak? Di tiap motif yang dibuat, terkandung filosofi yang mendalam mengenai motif tersebut.

Motif yang dihasilkan di wilayah berbeda pun juga berbeda, menambah keberagaman motif yang ada. Untuk terus membuat batik dikenal seluruh dunia, modifikasi kain batik yang semula hanya berupa pakaian resmi kini sudah mengalami perubahan menjadi gaun dan berbagai pakaian modis lainnya.

Indonesia di mata negara-negara barat memang memiliki kekayaan melimpah yang tidak dimiliki negara lain. Untuk itu, sebagai warga negara yang baik, sudah semestinya kita mempertahankan apa yang kita miliki, bukannya malah mengganti semua itu dengan kebudayaan luar yang justru tidak menunjukkan identitas bangsa Indonesia.

Selanjutnya : Jawaban tentang Sepeda Carbon Bisa Diwax Ga Ya
Sebelumnya: Membuat ID Yahoo Messenger
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar