Mengenal MMS dan Cara Setting Indosat MMS

MMS adalah kependekan dari Multimedia Messaging Service, yang merupakan salah satu layanan pesan yang bisa menampilkan gambar, suara, animasi, dan bahkan video. Berikut ini akan disampaikan lebih jauh tentang MMS dan cara setting Indosat MMS.

MMS pertama kali muncul di Eropa, hingga tahun 2008 MMS yang telah dikirimkan dari dan ke ponsel telah mencapai lima puluh milyar pesan. Awalnya MMS dikembangkan sebagai perbaikan dari SMS yang hanya bisa mengirimkan 160 karakter per pesan, tetapi ternyata pada MMS bukan hanya karakter per pesan yang nyaris tak terbatas, MMS juga bisa melakukan lebih dari itu, seperti mengirimkan gambar, suara, animasi, bahkan video. Sehingga perkembangannya sangat pesat dari tahun ke tahun.

Pada awal perkembangannya MMS hanya bisa dikirimkan di lingkungan operator selular yang sama saja, tepi seiring perkembangan dan kebutuhan orang-orang MMS kemudian bisa dikirimkan secara lintas operator, sehingga makin memperluas penggunaannya.

MMS sangat bermanfaat untuk berbagi keceriaan misalnya pada hari raya, kita bisa berbagi kebahagiaan dengan mengirimkan video atau foto-foto kepada kerabat yang jauh melalui ponsel dengan memanfaatkan fitur MMS. Selain itu untuk penggunaan di kalangan pebisnis juga sangat bermanfaat karena pesan atau berita yang dikirim bisa lebih detail, promosi pun bisa lebih berwarna.

Tetapi MMS juga memiliki dampak negatif. Kemudahan menyebarkan gambar atau video dapat disalahgunakan oleh orang-orang tertentu, misalnya dengan menyebarkan konten tak layak seperti pornografi.

Untuk dapat menikmati fitur MMS kita harus memastikan ponsel yang kita gunakan sudah mendukung fitur dimaksud, lalu dukungan operator, maksudnya adalah ponsel harus diatur sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh operator. Misalnya kita ambil contoh pengaturan MMS untuk operator Indosat.

Ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu:

1.  Melalui fasilitas OTA (Over The Air), caranya dengan mengirim SMS dengan format: MMS(spasi)jenis ponsel(spasi)seri ponsel(spasi) lalu kirim ke nomor 3000. SMS ini gratis.

2.  Pengaturan Manual, caranya:

Buka pengaturan internet di ponsel lalu isikan hal-hal berikut:

Conection name  : indosatmms

Data Bearer  : Packet Data
APN    : indosatmms

Username   : indosat

Password : indosat

Prompt password : No

Homepage  : http://mmsc.indosat.com

Proxy Server address/IP  : 10.19.19.19

Proxy por number  : 8080

Indosat menetapkan tarif untuk pengiriman MMS sebesar Rp350 per 50kb.

Demikian pembahasan tentang MMS dan pengaturan fasilitas Indosat MMS, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pentingnya Mempelajari Konsep Penelitian Sebelumnya dalam Sebuah Analisis Karya Sastra
Sebelumnya: Kita Harus Hidup Hemat Supaya Sejahtera
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...