Mengenal Gejala Infeksi Getah Bening

Infeksi getah bening adalah sebutan pada penyakit atau gangguan infeksi yang terjadi pada kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem imunitas pada tubuh manusia. Manusia memilik setidaknya 600 kelenjar getah bening yang tersebar di daerah sekitar rahang bawah, di ketiak dan lipatan paha.

Kelenjar getah bening merupakan kumpulan sel-sel yang bertugas mempertahankan tubuh dari serangan antigen (protein asing). Ketika terjadi tubuh terinfeksi antigen yang bisa berupa protein asing, virus, mikroba maka kelenjar getah bening bekerja menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh.

Proses produksi sel yang lebih besar dari biasanya tersebut mengakibatkan kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut terjadi karena meningkatnya kadar limfosit, monosit, histiosit, sel plasma dalam mengatasi infeksi pada kelenjar getah bening.

Gejala Infeksi pada Kelenjar Getah Bening

Gejala terjadinya gangguan pada kelenjar getah bening adalah:

  1. Membengkaknya kelenjar getah bening pada daerah rahang bawah, leher, pangkal paha dan ketiak.
  2. Suhu badan meningkat.
  3. Nafsu makan berkurang sehingga menyebabkan penurunan berat badan.
  4. Badan terasa mudah lelah.
  5. Tenggorokan terasa sakit ketika menelan, batuk dan sesak napas.
  6. Gatal-gatal tanpa sebab di sekujur tubuh.
  7. Keluar keringat dingin di malam hari.
  8. Mata terasa pedih dan panas.

Mewaspadai Penyebab Gangguan pada Kelenjar Getah Bening

Sebagian orang berpendapat bahwa infeksi getah bening adalah suatu proses alami sehingga tidak perlu dikhawatirkan jika terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Hal ini tidak sepenuhnya benar. Ada baiknya mewaspadai penyebab pembengkakan pada kelenjar getah bening, yaitu:

  1. Radang. Radang merupakan mekanisme yang terjadi sebagai lanjutan dari infeksi. Radang terjadi karena sel darah putih mati oleh pengaruh antigen.
  2. Kanker atau tumor. Sel-sel kanker darah atau leukemia dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Waspadai daerah leher yang membesar dan penderita merasa sakit ketika pembengkakan tersebut ditekan.
  3. Pengawet makanan. Makanay yang diawetkan melalui proses kimiawi biasanya menimbulkan gangguan pada kelenjar getah bening sebagai reaksi alergi.
  4. Pengaruh konsumsi alcohol. Kadar alcohol dalam minuman atau makanan dapat menurunkan oksigen dalam tubuh dan menyebabkan metabolisme terganggu. Gangguan metabolisme tersebut diantaranya adalah pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  5. Makanan instan. Junk food, makanan siap saji, minuman bersoda adalah jenis makanan dan minuman yang berpengaruh buruk pada kesehatan. Salah satu pengaruhnya adalah menyebabkan batuk parah sehingg menimbulkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Infeksi getah bening yang disebabkan virus pada saluran pernafasan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Pembengkakan pada daerah kelenjar getah bening yang disebabkan bakteri biasanya mengharuskan penderita minum antibiotik sesuai resep dokter.

Loading...
Selanjutnya : Cerita Mengucapkan Ulang Tahun kepada Pacar agar Berkesan dan Dikenang
Sebelumnya: Seperti Apa Bisnis Import Mobil Bekas dari Singapura?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar