Info Gempa Baru Terjadi Tahun 2013


Gempa bumi adalah salah satu kejadian alam yang kerap terjadi, khususnya di daerah-daerah di Indonesia yang rawan gempa. Hampir setiap waktu BMKG mengumumkan info gempa baru terjadi, baik yang diprediksi atau tidak terprediksi. Berikut ini sekilas bacaan mengenai gempa bumi dan info gempa terkini 2013 yang terjadi di Indonesia.

BMKG atau  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika adalah pusat info gempa baru terjadi khususnya di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui badan ini, setiap gempa yang terjadi di suatu daerah akan langsung terdeteksi bahkan dapat diprediksi terjadi. Informasi gempa pun akan langsung update di internet sehingga memudahkan para pencari informasi untuk mengetahui informasi gempa terkini.

Gempa di Aceh

Selain televisi dan radio, internet adalah salah satu media informasi gempa bumi yang dinilai efektif. Informasinya aktual dan mudah didapat. Aceh adalah salah satu daerah yang paling  rawan mengalami gempa bumi.

Setelah gempa dahsyat hingga mengakitbatkan tsunami yang menghantam Aceh pada 2004 lalu, 8 tahun kemudian Aceh kembali menjadi sasaran gempa. Ini adalah gempa terdahsyat  yang pernah ada. Kekuatannya 8,5 hingga 8,8 SR.

Gempa Aceh tidak berhenti sampai di 2012 saja. Berdasarkan info gempa terkini 2013, Indonesia kembali berduka. Daerah rawan gempa itu kembali dihantam gempa berkekuatan 6,2 SR dan menggegerkan seluruh masyarakat Aceh.  Gempa tersebut terjadi tanggal 2 Juli 2013, tepatnya di wilayah Dataran Tinggi Gayo.

Gempa 2013 yang baru terjadi di Aceh memang tidak memakan korban hingga ribuan seperti saat terjadi tsunami. Akan tetapi, gempa tersebut cukup memporak-porandakan sebagian besar rumah warga. Tentu saja mereka mengalami kerugian materi. Selain itu, korban meninggal berjumlah 35 orang, belum korban luka berat dan ringan akibat gempa tersebut.

Selain Aceh, BMKG juga memiliki beberapa daftar gempa terbaru yang terjadi selama bulan Oktober 2013 ini, yaitu:

- Tanggal 2 Oktober 2013, Gempa 5,3 SR terjadi di daerah Sarmi, Papua
-Tanggal 3 Oktober 2013, Gempa 5,0 terjadi di daerah Maluku Tenggara
-Tanggal 4 Oktober 2013, Gempa 5,2 terjadi di daerah Saburaijua, NTT
-Tanggal  8 Oktober 2013, Gempa 5,0 terjadi di Maluku Tenggara

Penyebab Gempa

Indonesia adalah negara yang sebagian besar wilayahnya rawan mengalami gempa. Hal ini disebabkan Indonesia masih  memiliki gunung-gunung berapi.

Keadaan tersebut dapat mengakibatkan terjadinya pergerakan magma yang berujung pada gempa bumi. Selain itu, gempa bumi sering terjadi karena posisi Indonesia yang terletak pada area bertemunya tiga lempeng kerak bumi. Demikian artikel mengenai info gempa baru terjadi.

Selanjutnya : Asal Mula Ericsson Berkamera Pertama
Sebelumnya: Mencari Informasi pada Internet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar