Sejarah dan Info Masuk Univ Unpad

Info masuk univ Unpad untuk pendaftaran mahasiswa baru. Ketika tahun pelajaran untuk peserta didik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas berakhir, maka info masuk Universitas Padjajaran selalu menjadi sesuatu yang dicari-cari. Memang, Universitas Padjajaran atau yang biasa disingkat dengan Unpad ini adalah univeristas favorit kebanyakan calon mahasiwa yang hendak berkuliah.

Sejarah Unpad

Loading...

Bertempat di Bandung, Jawa Barat, Unpad mengambil lokasi pendirian kampusnya di dua titik di kota Bandung. Kampus pertama atau disebut dengan kampus induk diberi sebutan Iwa Koesoema Soemantri yang beralamat di Jalan Dipati Ukur no 35, Bandung, Jawa Barat. Sedangkan lokasi kampus anak atau dinamakan dengan kampus Jatinangor mengambil lokasi di Jalan Raya Bandung Sumedang, KM 21, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Unpad pertama kali didirikan atas dasar prakarsa sebagian besar masyarakat Jawa Barat, khususnya Bandung, yang membutuhkan sebuah wadah untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi dari tingkat Sekolah Mengah Atas. Dulu, para calon cendekiawan Indonesia terpaksa meneruskan pendidikan ke luar negeri jika ingin berkuliah.

Tidak semua orang pintar yang beruntung bisa berkuliah di luar negeri, sebab sebagian besar rakyat Indonesia dulunya berada di bawah garis kemiskinan. Tidak semua pula beruntung mendapatkan program beasiswa. Alhasil, ketika lulus Sekolah Menengah Atas, calon-calon cendekiawan yang tidak mampu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi terpaksa menganggur atau berprofesi sebagai buruh kasar.

Oleh karena tingginya keinginan masyarakat Bandung untuk bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Presiden Soekarno kala itu tergerak hati untuk memenuhi keinginan masyarakat Bandung.

Presiden Soekarno mulai memikirkan bahwa Indonesia membutuhkan calon-calon pemimpin masa depan yang kaya ilmu pengetahuan. Maka melalui Peraturan Pemerintah Nomor 37 tahun 1957, Presiden Soekarno meresmikan Unpad tepat di tanggal 24 Sepetember 1957.

Sampai saat ini, tercatat ada 16 fakultas dengan berbagai jurusan yang bisa dimasuki oleh calon-calon mahasiswa yang lulus seleksi. Info masuk Universitas Padjajaran lebih lanjut bisa disearch melalui  tersedia portal Unpad yang tersedia, yaitu  di alamat website www.unpad.ac.id. Selamat berjuang dan semoga diterima!

Loading...
Selanjutnya : Makna Kata yang Terkandung dalam Lirik Lagu Baik Baik Sayang Wali Band
Sebelumnya: Kata-Kata untuk Orang yang akan Kita Tinggalkan Selamanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar